Connect with us

Kotamobagu

Meriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kokot Runners Gelar Lari dan Penanaman Pohon

Published

on

KOTAMOBAGU, PANTAU24.COM – Dalam rangka merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, komunitas lari lintas generasi di Kota Kotamobagu yang beranggotakan kurang lebih 755 orang tersebar se-BMR melakukan kegiatan “Kokot Runners Goes To Bakan”. Acara ini juga diisi dengan kegiatan penanaman pohon di lokasi tempat Permandian Air Panas Bakan, Kecamatan Lolayan.

Kegiatan yang berlangsung pada, Minggu, 9 Juni 2024 ini dimulai dengan lari dari titik start pada pukul 05.20 WITA di Lapangan Boki Hotinimbang dan berakhir di tempat Permandian Air Panas Bakan. Para peserta yang terlibat dalam acara ini terdiri dari berbagai komunitas lari, di antaranya Kokot Runners, Manado Running Club (MRC), Riot Manado, Riot Gorontalo, Mareno Tomohon, Kobra Bitung, BSG Runners, Boltim Runners, Maleo Bolsel Runners, dan Molinow Runners.

Captain Kokot Runners, Muslim Mokoginta mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan terhadap tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, “Land Restoration, Desertification and Drought Resilience (Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan Terhadap Kekeringan)” dengan slogan “Our Land, Our Future, Generation Restoration”.

Menurut Muslim, pesan utama dari tema tahun ini adalah “Tanah kita, masa depan kita.” Ini adalah waktu yang kritis bagi semua pihak untuk beraksi tanpa terkecuali. Dalam kesempatan tersebut, para peserta juga diajak untuk mendukung kebijakan yang mengurangi emisi, meningkatkan pengelolaan limbah, dan memperluas area konservasi.

“Kita adalah Generasi Restorasi. Setiap tindakan kecil kita, saat digabung, dapat membawa perubahan besar,” ujar Muslim.

Penanaman pohon di Permandian Air Panas Bakan menjadi simbol komitmen komunitas lari ini untuk berkontribusi dalam menjaga dan memulihkan lingkungan.

Tahun ini, Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia, menekankan pentingnya restorasi lahan untuk masa depan yang lebih baik dan ketahanan terhadap kekeringan.

Dengan semangat ini, acara “Kokot Runners Goes To Bakan” tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga menjadi langkah nyata dalam menjaga lingkungan dan mendukung upaya global dalam melestarikan alam.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply