Connect with us

Boltim

Dinas Perikanan Boltim Lepas Ratusan Ribu Ikan di Danau Tutuyan

Adanya penyebaran bibit ikan nila di Danau itu, diharapkan dapat meningkatkan populasi ikan air tawar di Perairan Umum Darat (PUD) khususnya Danau.

Published

on

BOLTIM, PANTAU24.com-Demi menjaga dan melestarikan Danau yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Dinas Perikanan Boltim melakukan restocking atau penambahan stok ikan yakni bibit ikan nila, di Danau Pandebulan Tutuyan, Kamis, 25 November 2021.

Pelepasan bibit ikan nila sebanyak 129 ribu ini, dilakukan Dinas Perikanan Boltim bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut yang telah membantu mendistribusi benih/bibit Nila untuk di restocking di Danau Tutuyan,” kata Nasarudin Paputungan, kepala Dinas Perikanan Boltim.

Adanya penyebaran bibit ikan nila di Danau itu, pihaknya berharap dapat meningkatkan populasi ikan air tawar di Perairan Umum Darat (PUD) khususnya Danau.

“Boltim punya 7 Danau. Selain restocking diharapkan dapat meningkatkan gizi masyarakat lewat konsumsi ikan khususnya ikan nila, juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar danau itu,” ujarnya.

Menurutnya, danau Tutuyan dapat menjadi salah satu spot wisata potensial karena letaknya di Ibu Kota Boltim. Disamping dapat menikmati keindahan Danau itu kata dia, dapat menjadi tempat pemancingan ikan air tawar.

“Kami berharap masyarakat sekitar Danau tidak menangkap ikan di danau menggunakan jaring atau pukat, karena akan sangat berpengaruh terhadap populasi ikan di danau,” jelasnya.

Diketahui, Boltim memiliki 7 Danau yakni Danau Mooat, Tondok, Motongkad, Bunong, Pandebulan Tutuyan, Buyat dan Danau yang berada di Pulau Nenas. Sebelumya, Dinas Perikanan juga telah melakukan Restocking di beberapa danau yang ada.(Gry)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply