Kenali 30 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Terkenal

  • Share
Alat musik tradisional menjadi gambaran kekayaan budaya Indonesia. (Sumber: Wikipedia)
Alat-Musik-Tradisional-Saluang-1
Alat-Musik-Tradisional_Keso-Keso
alat_musik_tradisional_5
alat_musik_tradisional_4
alat_musik_tradisional_3
alat_musik_tradisional_2
alat_musik_tradisional
23_-_alatmusikorg
22_-_macamalat_musik
21_-_senisulawesiselatan
20_-_kamerabudaya
19_-_BL
18_-_takaitu
17_-_tjokrosuharto
16_-_alatmusikorg
15_-_indonesiakaya
14_-_indonesiaheritageorg
13_-_wadayarey
12_-_adattradisional_LI
11-_kamerabudaya
10_-_adattradisional
9_-_topengnusantara
8_-_seni_budaya_12
7_-_1001indonesianet
6_-_bukalapak
5_semua_tentang_provinsi_blogspot
4
Kacapi Indung
2
1_-_wiki

PANTAU24.COM-Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dengan nilai budayanya. Dari ragam bahasa, budaya, dan adat istiadat. Semua elemen tersebut akhirnya berhasil menciptakan kesenian adat yang menggambarkan setiap daerah di Indonesia.

Jika berbicara tentang kesenian adat, rasanya tidak mungkin jika melewatkan alat musik tradisional Indonesia. Beragamnya alat musik tradisional menjadi hal yang seharusnya dilestarikan dan dibanggakan oleh seluruh penduduk Indonesia. Sayangnya, kesenian adat sudah mulai ditinggalkan di era modern seperti sekarang ini.

Berikut ini 30 alat musik tradisional dari Indonesia yang kamu harus tahu. Di dalam daftar ini, ada alat musik tradisional yang dipukul, alat musik tradisional yang ditiup, dan ada pula alat musik tradisional yang dipetik atau digesek.

  1. Alat Musik Tradisional Gong
Gong termasuk ke dalam alat musik tradisional ideofon. (Sumber: Wikipedia)

Kamu tentu sudah tidak asing dengan alat musik tradisional gong. Gong merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah. Gong termasuk ke dalam alat musik idiofon, yang maksudnya menghasilkan suara dari getaran keseluruhan alat musik itu sendiri.

  1. Alat Musik Tradisional Rebab
Rebab alat musik tradisional dari Jawa Barat. (Sumber: alatmusik.org)

Alat musik tradisional yang berbentuk seperti busur panah ini bernama rebab. Rebab merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat. Kamu bisa memainkan alat musik rebab dengan digesek seperti biola.

Fakta menarik dan bermanfaat
  1. Alat Musik Tradisional Kecapi
Kecapi adalah alat musik tradisional yang mengeluarkan dari senar atau dawai. (Sumber: Wikipedia)

Kecapi termasuk sebagai alat musik kordofon. Kordofon merupakan alat musik yang mengeluarkan suara dari sebuah senar atau dawai.

Baca Pula:  Mengenal 5 Alat Musik Tradisional dari NTB

Kecapi sendiri merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan Kacapi suling. Cara memainkan alat musik kecapi adalah dengan dipetik bagian senarnya.

  1. Alat Musik Tradisional Kolintang
Rakyat Minahasa beranggapan bahwa nama alat musik tradisional kulintang berasal dari suaranya. (Sumber: Alatmusik.org)

Kolintang adalah alat musik tradisional dari Minahasa, Sulawesi Utara, yang berbentuk segiempat trapesium dengan bilah-bilah kayu berukuran berbeda. Setiap bilah kayu akan menghasilkan suara berbeda pula jika dipukul. Karena itu, kolintang termasuk alat musik idiofon karena mengeluarkan suara dari getarannya sendiri.
Rakyat Minahasa beranggapan bahwa nama kolintang berasal dari suaranya, yaitu tong (suara rendah), ting (suara tinggi), dan tang (suara umum). Tong ting tang beralih jadi kata kulintang agar mudah dilafalkan oleh penduduk Minahasa.

  1. Alat Musik Tradisional Bonang
Bonang juga merupakan salah satu alat musik tradisional yang digunakan dalam pagelaran gamelan. (Sumber: semuatentangprovinsi.blogspot)

Bonang adalah alat musik tradisional dari Jawa Timur. Bonang sendiri terbuat dari bahan kuningan. Dan biasanya bonang digunakan untuk memperingati upacara adat setempat. Bonang juga merupakan salah satu alat musik daerah asli Indonesia yang digunakan dalam pagelaran gamelan.

  1. Alat Musik Tradisional Gendang
Setiap daerah biasanya memiliki alat musik tradisional yang menyerupai gendang. (Sumber: Bukalapak)

Sebetulnya di setiap daerah memiliki alat musik tradisional yang bentuknya menyerupai gendang. Dan biasanya memiliki nama-nama yang berbeda di setiap daerahnya. Namun gendang sendiri berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.
Gendang juga merupakan salah satu alat musik yang digunakan pada pagelaran musik gamelan. Alat musik gendang dimainkan dengan cara dipukul atau diketuk pada bagian kulit yang ada di sisi kanan dan kiri alat musik.

  1. Alat Musik Tradisional Angklung
Alat musik tradisional angklung masih sering digunakan di sekolah dasar. (Sumber: 1001Indonesia.net)

Angklung merupakan alat musik tradisional yang masih cukup sering digunakan. Cukup banyak musisi yang menggunakan angklung layaknya sebuah orkestra.
Angklung terbuat dari bambu, dan kamu bisa memainkan alat musik tradisional ini dengan cara menggoyangkannya sampai bambu tersebut mengeluarkan suara akibat getaran.

  1. Alat Musik Tradisional Sampe
Sampe termasuk sebagai alat musik tradisional berjenis kordofon. (Sumber: senibudaya12)

Mungkin nama sampe masih cukup asing bagi orang kebanyakan. Ya, karena sampe sendiri berasal dari daerah Kalimantan Timur.
Sampe termasuk sebagai alat musik kordofon, yang mengeluarkan bebunyian dari dawai atau senar. Jika dilihat dari bentuknya, sampe cukup mirip dengan alat musik kecapi.

  1. Alat Musik Tradisional Aramba
Karamba memiliki bentuk yang serupa dengan alat musik tradisional gong. (Sumber: topengnusantara)

Jika dilihat dengan sekilas, aramba memiliki bentuk yang sama seperti gong. Namun aramba bertubuh lebih kecil.
Cara memainkan kedua alat musik ini pun sama. Aramba juga dimainkan dengan cara dipukul menggunakan semacam stik untuk menimbulkan suara.

  1. Alat Musik Tradisional Doli-doli
Jika dilihat dari bentuknya,  alat musik tradisional ini memiliki bentuk setengah lingkaran. (Sumber: adattradisional.blogspot)

Alat musik tradisional daerah Bengkulu ini memiliki bentuk yang cukup mirip dengan gendang. Namun jika gendang memiliki dua sisi yang bisa dipukul, doli-doli hanya memiliki satu di bagian atas. Sedangkan bagian bawah alat musik ini berbentuk bulat. Jadi jika dilihat secara keseluruhan alat musik ini memiliki bentuk setengah lingkaran.



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com