Connect with us

Bolsel

DPMD Bolsel Gelar Pelatihan Penyusunan dan Pendataan Profil Desa

Published

on

BOLSEL, PANTAU24.COM-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melakukan pelatihan Penyusunan, Pendataan dan Pemutakhiran Profil Desa kepada seluruh Aparat Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Senin, 19 Desember 2022.

Kegiatan yang digelar di Balai Desa Pinsel tersbut dibuka langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes), Kabupaten Bolsel, Silvia Montalalu yang juga sebagai narasumber dalam kegiatan.

Dalam penyampaianya, Kabid menjelaskan, dalam rangka ketersediaan informasi tentang potensi wilayah kabupaten yang mencakup wilayah desa, pemerintah pusat telah menetapkan penyusunan profil desa dan kelurahan.

“Dasar hukumnya mengacu pada Permendagari Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan,” ungkapnya kepada awak media usai kegiatan.

Baca Pula:  74 KPM Desa Pinsel Terima BLT-DD Triwulan Kedua

Dia juga mengatakan bahwa kegiatan ini telah dilaksakan sejak bulan Agustus 2022 di semua desa yang ada di Kabupaten Bolsel.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Untuk pelatihan ini dilakukan kesemua desa yang ada di Bolsel. Kegiatan ini juga sementara jalan, kami laksankan dari bulan agustus kemarin, hanya karena desa pinsel terlambat maka kami mengambil waktu untuk melaksanakan kegiatan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Sangadi Desa Pinolosian Selatan, Masni Pilomonu menucapkan terimakasih kepada Dinas PMD Kabupaten Bolsel yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Baca Pula:  158 Warga Pinsel Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

“Kegiatan ini sangat penting karena selain untuk mengetahui karakteristik sumber daya alam, sumber daya manusia, serta potensi desa juga untuk mengukur kecepatan perkembangan desa,” ujarnya, sembari berharap kegiatan ini bisa diikuti dengan baik oleh sluruh peserta.

“Saya berharap kegiatan ini bisa diikuti dengan baik oleh seluruh peserta, mengikuti kegiatan ini secara seksama, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam menyusun dan memutakhirkan data profil desa,” pungkasnya.

Diketahui, yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh aparat desa, kader pembangunan manusia (KPM), ketua-ketua RT, kader posyandu dan Linmas.