Connect with us

Bolmut

Setelah Raih Swasti Saba Padapa, Pemkab Bolmut Gelar Evaluasi KKS Tahun 2023

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam hal ini dinas kesehatan Bolmut menggelar advokasi penyelanggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) tingkat kabupaten Bolmut, Selasa 5 November 2023 di ruangan rapat dinkes Bolmut.

Published

on

BOLMUT,PANTAU24.com- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam hal ini dinas kesehatan  Bolmut menggelar advokasi penyelanggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) tingkat kabupaten Bolmut, Selasa 5 November 2023 di ruangan rapat dinkes Bolmut.

Kegiatan sendiri dibuka oleh staf ahli bidang pembangunan, kemasyarakatan dan SDM Abdul Muhto Daeng Muliso, dalam sambutan  mewakili Penjabat Bupati Sirajudin Lasena. Ia mengatakan KKS suatu kondisi nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.

“Yang dicapai melalui terselenggarakannya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah,”ujarnya.

Penyelanggaraan KKS adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan Kabupaten Kota sehat melalui pemberdayaan masyarakat, Kolaborasi antara forum dan pemerintah daerah.

Pada tahun 2023 ini, dengan penilaian yang kompleks dan target nilai capaian yang lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Bolmut mempertahankan penghargaan Swasti Saba.

Fakta menarik dan bermanfaat

Sementara itu fasilitator KKS dari dinas Kesehatan Provinsi Sulut Jenne Mandu menambahkan ada sembilan tatanan KKS dalam RPJMN 2020-2024.

Sembilan tatanan tersebut adalah kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, pasar, perkantoran dan perindustrian, pariwisata, transportasi dan tertib lalulintas, perlindungan sosial, penanggulangan bencana.

Baca Pula:  Pemkab Bolmut Pacu Kesiapan Keikutsertaan Kabupaten Sehat 2021

Kepala dinas kesehatan Bolmut Aly Dumbela melalui kepala bidang kesehatan masyarakat Bolmut Meity Tombinawa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelanggaran KKS tahun 2023 dan mempersiapkan KKS tahun 2024.

Kabupaten Bolmut Raih KKS Kategori Swasti Saba Padapa

Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan Swasti Saba kepada kabupaten/kota sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tahun 2023 yang dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski lantai 11, Jakarta Pusat, pada Selasa 28 November 2023.

Penghargaan yang terkait dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 diberikan kepada 169 kabupaten/kota.

Tampak Asisten dua pemkab Bolmut Saat Menerima Penghargaan KKS. (Dok Istimewa)

Acara penganugerahan tersebut dibagi menjadi beberapa kategori penghargaan. Sebanyak 136 kabupaten/kota menerima penghargaan Swasti Saba dan 33 kabupaten/kota menerima penghargaan STBM. 

Untuk penghargaan Swasti Saba, sebanyak 27 kabupaten/kota menerima penghargaan kategori Swasti Saba Wistara, 34 kabupaten/kota menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda, dan 75 kabupaten/kota menerima Swasti Saba Padapa. Sementara untuk STBM, 20 kabupaten/kota menerima penghargaan sebagai STBM Pratama, 9 kabupaten/kota Madya, dan 4 Kabupaten/kota Paripurna.

Baca Pula:  Pimpin Apel Perdana 2023, Depri Pontoh Tegaskan Soal Efektif, Kualitas dan Mendesak

Selain kabupaten/kota, Kementerian Kesehatan juga menyerahkan penghargaan kepada enam provinsi pembina terbaik dalam memfasilitasi keberhasilan kabupaten/kota sehat dan satu provinsi yang telah mencapai keberhasilan 100 persen setop buang air besar sembarangan di seluruh kabupaten/kota.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, banyak upaya yang perlu dilakukan oleh pemimpin daerah untuk menciptakan suasana lebih baik dan menjadikan masyarakat dan kota menjadi sehat. Upaya-upaya itu agar masyarakat tidak terkena penyakit, baik itu penyakit menular maupun tidak menular, dan penyakit jiwa. 

Kepala dinas kesehatan Bolmut Aly Dumbela mengatakan untuk Kabupaten Bolmut meraih penghargaan KKS Swasti Saba Padapa pada tahun ini.

Tahun ini penilaian bisa dikatakan cukup berat. Pasalnya ada sembilan penilaian dalam KKS tahun ini.

“Artinya kalau satu tatanan tidak capai penilaian maka delapan tatanan yang capai tersebut sia-sia,”ungkapnya.