Pemkab Bolmut Pacu Kesiapan Keikutsertaan Kabupaten Sehat 2021

  • Share

BOLMUT, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait terus memacu keikutsertaan Kabupaten Bolmut dalam lomba Kabupaten-Kota Sehat (KKS) Tahun 2021.

Guna menyiapkan Hal itu, OPD terkait menggelar kegiatan advokasi penyelenggaraan KKS tingkat Kabupaten Tahun 2021 bertempat di ruang rapat Dinkes Bolmut, Kamis 1 April 2021.

Kegiatan yang dihadiri Anggota DPRD Bolmut, Pimpinan SKPD terkait, Camat se kabupaten Bolmut serta para peserta advokasi penyelenggaraan KKS itu dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan, Rachmat R Pontoh mewakili Sekda Asripan Nani.

Dalam sambutannya Rahmat menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Kesahatan akan melaksanakan verifikasi dokumen penyelenggaraan kabupaten/kota sehat tahun 2021 dengan batas waktu pengiriman dokumen yaitu pada bulan mei tahun 2021.

“Untuk itu saya mengimbau agar seluruh SKPD terkait turut bekerjasama dalam penyusunan dokumen kabupaten/kota sehat tingkat kabupaten bolmut,” ucapnya.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  1900 Dosis Vaksin Covid-19┬áTahap Pertama Tiba di Bolmut

Rahmat menjelaskan, pelaksanaan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat ini nantinya akan menyelaraskan kebutuhan masyarakat sesuai dengan arah pembangunan daerah.

“Sehubungan dengan hal itu, banyak hal yang harus dibenahi melalui kegiatan ini. Terutama dalam kaitanya dengan masalah lingkungan kesehatam masyarakat serta peran pemerintah dalam pembangunan,” jelasnya.

Rahmat juga mengimbau kepada tim pembina dan forum kabupaten sehat untuk mengkoordinasikan berbagai program dan kegiatan lintas sektor. Sebab lanjut Rahmat, secara subtansi, dalam program kegiatan pada penyelenggaraan kabupaten/kota sehat, ada 7 tatanan wajib dan pilihan yang di usulkan diantaranya, tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, tatanan ketahanan pengan dan gizi, tatanan pariwisata sehat, tatanan lalu lintas dan pelayanan trasnsprotasi, tatanan industri dan perkantoran sehat serta tatanan kehidupan sosial.

Baca Pula:  37 Ranperda Masuk Propemperda Tahun 2021

Sementara itu, Anggota DPRD Bolmut, Juldin Bolota selaku ketua Forum KKS Kabupaten Bolmut, mengapresiasi kegiatan ini. Dia menilai,dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan dengan berbagai upaya pendekatan akan dapat mewujudkan target yang dicapai.

“Oleh karena itu, disetiap pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan KKS, saya selau hadir. Ini afalah wujud komitmen kami,” ucap Juldin usai menghadiri kegiatan tersebut.

Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Bolmut, Jusnan C Mokoginta juga menyampaikan hal yang sama. Dia menjelaskan, kegiatan advokasi penyelenggaraan KKS tingkat Kabupaten Tahun 2021 yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian kesiapan beberapa tahapan yang sudah dilalui.

“Kita akan terus bekerja keras,menyiapkan dan memenuhi apa yang menjadi persyaratan dalam keikutsertaan kita dalam lomba KKS untuk penghargaan swastisaba kategori wistara kedua,” pungkasnya.

|Penulis: Rinto Binolombangan



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com