Connect with us

Bitung

Berhasil Angkat Ribuan Kilo Sampah Dari DAS Girian, Masyarakat Diminta Jaga dan Lestarikan Sungai

Published

on

BITUNG, PANTAU24.COM–Sekolah Sungai Kota Bitung, Dinas PUPR Kota Bitung dan pemerintah Kelurahan Manebo-nembo berhasil mengangkat ribuan kilo sampah plastik yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Girian, Sabtu (13/3/2023).

Kegiatan yang Lurah Manembo-nembo, Valentino Tangkudung dalam rangka untuk menjaga dan melestarikan agar sungai tetap bersih dan bebas dari sampah-sampah.

Kepala Sekolah Sungai Kota Bitung, Bily Ladi menyampaikan dalam aksi bersih-besih Kuala Jengki DAS Girian itu juga melibatkan Karang Taruna, Pemuda Gereja GMIM Pniel, Mahasiswa KKN Unima dan sejumlah organisasi pecinta alam serta masyarakat.

Baca Pula:  Pnt Rio Dondokambey Matangkan Persiapan Selebrasi Paskah Pemuda Sinode GMIM di Bitung

“Ada juga siswa SMP Kristen Bukit Kasih, Siswa SD GMIM 23 Girian dan Dinas Lingkungan Hidup,” kata Bily.

Dia mengatakan, dari aksi Malendong Kuala itu berhasil mengangkat 1.595 kilo aneka sampah plastik yang ada di sepanjang DAS.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Sampah-sampah yang kita kumpulkan langsung diangkut Dinas Lingkungan Hidup ke TPA Aertembaga,” ujarnya.

Baca Pula:  DPRD Bitung Paripurna Hasil Reses Masa Persidangan Ketiga tahun Keempat tahun Sidang 2022-2023

Kesempatan itu, Bily juga mengajak kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Dia berharap, dengan aksi bersih-bersih sungai itu bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat sampah.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat supaya jangan lagi mengotori sungai dengan sampah. Kami berharap dengan aksi ini masyarakat bisa bersama-sama menjaga dan melestarikan sungai,” ajaknya.