Connect with us

Bolsel

TP-PKK Bolsel Sosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Published

on

BOLSEL, PANTAU24.com-Untuk meningkatkan kualitas kesehatan di masa pandemi Covid-19 saat ini, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada seluruh peserta PKK kecamatan dan Desa, Selasa 16 November 2021.

Kegiatan digelar secara bersamaan di Tujuh Kecamatan se Kabupaten Bolsel. Masing dipimpin Ketua TP-PKK Kabupaten Bolsel, Ny Selpian Kamaru-Manopo di Kecamatan Posigadan, Helumo dan Tomini, sementara Sekretaris TP-PKK Ny Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola memimpin kegiatan Kecamatan Pinolosian Timur, Pinolosian Tengah dan kecamatan Pinolosian.

“Untuk kecamatan Bolaang Uki akan dilaksanakan pada, Kamis 18 November 2021,” kata Sekretaris TP-PKK Ny Rosdiana Abdul Hamid Lapatola saat ditemui awak media disela-sela kegiatan sosialisasi.

Menurut istri Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid ini, kegiatan dilaksanakan sejak pagi Pukul 08.00 WITA. Dimulai di Pinolosian Timur, Pinolosian Tengah dan berakhir di kecamatan Pinolosian Induk.

Baca Pula:  Bolsel Waspada Hepatitis Akut, Masyarakat Diminta Lakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat

“Untuk wilayah Kecamatan Pinolosian Timur, Pinolosian Tengah dan Pinolosian itu tim Dua, saya yang pimpin,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Sementara Tim Satu, dipimpin langsung ketua TP-PKK. Yakni untuk Kecamatan Posigadan, Tomini dan Helumo,” sambungnya.

Ia menambahkan, pola hidup bersih dan sehat merupakan hal yang paling panting di masa pandemi. “Ini juga dilakukan agar kita tidak terkena penyakit-penyakit yang ada, terlebih di masa pandemi” jelasnya.

Ia pun berharap, apa yang menjadi materi hari ini bisa ditangkap dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Untuk diketahui, Pemeritnah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus menggalakan pola kehidupan hidup sehat di masa pandemi kepada masyarakat. Terbaru, Pemkab Bolsel membentuk Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Baca Pula:  Pelayanan Kesehatan Dinkes Bolmong Sasar Desa Terpencil

Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid yang saat itu membuka kegiatan, menyampaikan bahwa pembentukan Forum ini merupakan amanat Inpres No.1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Hidup Sehat yang ditindaklanjuti dengan Perbup No. 425 Tahun 2020.

“Kita harus tampil sebagai contoh kepada masyarakat agar perilaku hidup sehat dan teratur menjadi kebiasaan baru di masyarakat dengan upaya promotif dan preventif,” ungkap Deddy saat membuka pembentukan Forum Germas.

Deddy juga menyampaikan perlu adanya kesadaran dan peran serta seluruh pemangku kepentingan agar perilaku hidup sehat dapat berjalan baik. “Ini semua sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

|Penulis: Reza Pahlevi