Komitmen Pemkab Bolmut Perkuat Peran APIP

BOLMUT, PANTAU24.COM-Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) pengawasan interen keuangan dan pembangunan tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bertempat di Ruang Mapaluse Kantor Gubernur, Selasa 30 Maret 2021.

Menurut Bupati Depri, salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memperkuat peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam upaya mencegah korupsi di lingkungan Pemerintah Daerah. Sehingga dibutuhkan koordinasi antara APIP Daerah dan BPKP dalam melakukan pengawasan di Pemerintah Daerah, sinergitas mengatasi permasalahan atau kendala yang di hadapi APIP, serta memperkuat komitmen tugas dan tanggung jawab dalam rangka meningkatkan kapabilitas APIP.

Baca Pula:  Pemkab Bolmut Lelang Proyek Pengadaan Solar Cell Puskesmas

Rapat koordinasi tersebut diisi dengan penyampaian materi oleh Wakil Ketua KPK Republik Indonesia, Alexander Marwata, tentang pencegahan dan pegendalaian tindak pidana korupsi, serta penyampaian materi oleh Dirjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bachiar Sinaga, tentang peran APIP Daerah dalam mengawal pembangunan pariwista.

“Fungsi APIP bukan hanya sekedar watchdog, melainkan harus dapat melaksanakan fungsi sebagai early warning system. Sehingga APIP Daerah senantiasa menjaga kebersamaan dan kekompakan demi terwujudnya sinergitas APIP,” kata Bupati.

Baca Pula:  Tahun ini, Pemkab Bolmut Usulkan 328 Guru PPPK

Diketahui, kegiatan ini mengangkat tema “Pariwisata Sulawesi Utara bangkit, menuju Masyarakat Sulawesi Utara yang maju dan sejahtera”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota/Wakil Walikota serta Ketua DPRD se Propinsi Sulawesi Utara serta unsur terkait lainnya.(*)

Fakta menarik dan bermanfaat

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com