Connect with us

Bolmut

Warga Bolmut Antusias Adanya Gerakan Pangan Murah

Antusias. Ramai hingga antrian. Suara ibu-ibu terdengar di bawah terik sinar matahari yang terhalangi tenda dalam kegiatan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Published

on

BOLMUT,PANTAU24.com- Antusias. Ramai hingga antrian. Suara ibu-ibu terdengar di bawah terik sinar matahari yang terhalangi tenda dalam kegiatan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Diketahui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengikuti peluncuran program Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di 341 titik di 300 kabupaten/ kota seluruh Indonesia pada Senin 26 Juni 2023 dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) secara virtual.

Di Bolmut sendiri GPM oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) digelar di Lapangan Kembar Boroko (LKB) dan dihadiri para pimpinan Forkopimda dan perwakilannya, pihak Bulog serta warga.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan tujuan dari program GPM ini agar dapat menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen. Sehingga, tingkat inflasi dapat terjaga. 

Baca Pula:  Pemkab Bolmut Gelar Peringatan Isra Mi'raj 1444 H

“Launching GPM ini menjadi aksi nyata peran kita semua dalam menjaga inflasi pangan termasuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha pangan mulai dari petani dan peternak,” ujar saat peluncuran GPM.

Fakta menarik dan bermanfaat

Sementara itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh yang diwakili asisten II pemkab Bolmut Abdul Nazarudin Maloho menambahkan semoga kegiatan ini dapat membantu warga dalam memenuhi kebutuhannya. Apalagi jelang hari raya Idul Adha.

Ditempat yang sama kepala dinas ketahanan pangan Bolmut Sutrisno Goma menjelaskan harga pangan yang dijual pada kegiatan ini lebih murah dari harga pasar.

Dirinya mengatakan di Bolmut sendiri mendapat dukungan dari perum Bulog, Bank Indonesia perwakilan Sulut hingga bank Sulutgo cabang Bolmut.

Baca Pula:  Kendalikan Inflasi Harga Pangan Nasional, Limi Mokodompit Buka Gerakan Pangan Murah di Bolmong

Sementara itu kepala bidang ketersediaan pangan DKP Bolmut Yulianti Mokoginta mengatakan pihaknya dalam kegiatan ini menyediakan 2.500 Kilogram (Kg) beras.
“250 kg gula, minyak kelapa 180 liter dan terigu ada 40 Kg,” katanya.

Berikut harga di Gerakan Pangan Murah

Beras Rp45.000 per 5 Kg
Minyak Goreng Rp18.500 per liter
Gula pasir Rp13.500 per kg
Telur sedang per bak Rp50.000
Telur super per bak Rp60.000
Tomat Rp14.000 per kg
Kacang tanah Rp35.000 per kg
Bawang merah Rp35.000 per kg
Bawang putih Rp35.000 per kg
Tepung terigu Rp13.000 per kg