/

Luapan Bendungan Kosinggolan Hantam Tiga Kecamatan di Bolmong

Salah satu rumah warga desa Doloduo III yang terdampak luapan air Bendungan Kosinggolan

BOLMONG, PANTAU24.COM-Sehari setelah banjir melanda Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), Jumat 24 Juli 2020, banjir juga menerjang Tiga Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Lantaran diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari terakhir, debit air di bendungan Kosinggolan, Kecamatan Dumoga Barat akhirnya meluap.
Sekira pukul 03.30 Wita subuh, air dengan cepat masuk ke pemukiman warga. 

Selain banjir, tanah longsor juga terjadi di beberapa titik, serta ruas jalan yang amblas.

Baca Pula:  Dihantam Banjir, Jembatan Kosio Putus Total

Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong mencatat, air luapan melanda hingga ke beberapa desa di Tiga Kecamatan. Yakni, lima desa di Kecamatan Dumoga Barat, dua desa di Kecamatan Dumoga Tengah, dan tiga desa di Kecamatan Dumoga Utara.


“Jadi penyebab banjir adalah meluapnya Sungai Ongkag Dumoga dan debit air Bendung Toraut meluap dan menggenangi pemukiman warga serta merusak fasilitas Umum lainnya dengan ketinggian air 50-200 centimeter. BMKG Sulut sebelumnyanya sudah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrim,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bolmong, Syahril Mokoagow. 

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Jembatan Kosio Putus, Warga Menyeberang Sungai Pakai Rakit


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong  melalui BPBD langsung berkoordinasi dengan instansi terkait yakni Dinas PU, Balai Jalan Nasional dan Balai Sungai untuk Penanganan dilokasi kejadian.

“Saat ini Tim dari Balai Jalan Nasional bersama Dinas PU dan BPBD sedang melakukan kajian langsung dilokasi untuk pembuatan jembatan darurat serta pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan,” tuturnya.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com