/

Selesai Dibangun, Jembatan Darurat di Kosio Mulai Digunakan

Jembatan bailey atau jembatan darurat di Desa Kosio, Kecamatan Dumoga Tengah selesai dibangun dan mulai digunakan. (Foto: BPBD Bolmong)

BOLMONG, PANTAU24.COM-Akhirnya pembangunan jembatan bailey atau jembatan darurat di Desa Kosio, Kecamatan Dumoga Tengah, selesai. Sejak Senin 3 Agustus 2020, jembatan dengan panjang sekitar 30 meter dan lebar 7 meter itu langsung digunakan.
Belum dipastikan sampai kapan jembatan darurat itu digunakan. Mengingat, proses pembangunan jembatan permanen masih masuk perencanaan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Manado.
“Sudah selesai dibangun kemarin. Dan hari ini langsung bisa digunakan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bolmong, Syahril Mokoagow.

Baca Pula:  Jembatan Kosio Putus, Warga Menyeberang Sungai Pakai Rakit

Namun, dia tidak dapat memastikan sampai kapan penggunaan jembatan itu berlangsung. Sebab, wewenang ada di pusat atau di BPJN XV Manado.

Selama penggunaan, kendaraan bertonase tinggi tidak bisa melintasi jembatan tersebut. “Kekuatannya hanya maksimal 6 ton. Jadi, yang bisa melintas hanya kendaraan kecil dengan kapasitas yang sudah ditetapkan,” bebernya.

Sebagai informasi, jembatan bailey adalah jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi yang mudah dipindah-pindah (bergerak). Hanya digunakan sebagai jembatan darurat yang sifatnya sementara.

Baca Pula:  FOTO: Banjir dan Longsor di Wilayah Dumoga Sebabkan Akses Penghubung Bolmong-Bolsel Putus

BPJN XV Manado membangun jembatan bailey setelah pilar pinggir jembatan Kosio ambrol lantaran dihantam bajir, Sabtu 25 Juli 2020 subuh. Selain jembatan, banjir juga menerjang ratusan rumah di tiga kecamatan.

Fakta menarik dan bermanfaat

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com