Connect with us

Bitung

Ini Alasan Kenapa Lokasi FPSL Setiap Tahun Bepindah-pindah, Rudy Theno: Harus Berekspansi

Published

on

BITUNG, PANTAU24.COM--Iven akbar Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) tahun 2023 adalah ke-8 kalinya dilaksanakan sejak tahun 2016 silam.

Pasalnya, iven tahunan pemerintah Kota Bitung yang masuk pada Calender Of Event Indonesia ini setiap tahunnya lokasi pelaksanaanya sering berpindah-pindah alias tidak menetap.

Namun ternyata, pihak pemerintah Kota Bitung memiliki alasan. Menurut Sekretaris Daerah Kota Bitung yang juga Ketua Harian FPSL 2023, Rudy Theno mengatakan pihaknya sengaja melakukan ekspansi dari tahun ke tahun.

“Setiap tahun kita terus melakukan ekspansi. Sebab setiap tahunnya FPSL ini mengalami berbagai perkembangan. Mulai dari jumlah pengunjung yang membludak dan terus bertambah dari tahun ke tahun, jumlah penggiat UMKM yang meningkat hingga berbagai kegiatan-kegiatan seremonial yang semakin banyak tiap tahunnya. Mau tidak mau harus berekpansi mencari lokasi-lokasi yang tepat. Sebab, jika dipaksakan satu lokasi saja maka ditakutkan tidak akan menampung jumlah pengungjung yang datang,” ujar Rudy dalam koneferensi pers, Selasa (03/10/2023).

Baca Pula:  Kerja ‘Malendong’ Jadi Jurus Andalan Maurits-Hengky Sejahterakan Masyarakat Bitung

Bahkan lanjut Rudy, FPSL 2023 ini diprediksi jumlah pengunjungnya akan membludak pada saat FPSL tahun 2022 lalu yakni, pengunjujg mencapai 300 an ribu orang.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Dari tahun ke tahun iven FPSL Kota Bitung memang mulai tersohor. Dan tahun ini diprediksi jumlah pengunjungnya akan meningkat dari tahun lalu. Apalagi kegiatan dalam FPSL tahun ini bertambah. Pun, hal ini membuat kita harus putar otak untuk menentukan lokasi-lokasi yang memang pas supaya kegiatan akbar ini bisa berjalan lancar dan sukses. Nah, tahun ini FPSL yang digelar selama seminggu ini, akan dilaksanakan pada 4 tempat, Pusat Kota tepatnya di Gedung Kreatifitas UMKM Bitung Bitung Creative Centre yang kedua di pelabuhan TNI AL Samuel Languyu yang
akan menjadi tempat lomba Olahraga Air keselurahan, ke Tiga adalah Boulevard Papusungan Lembeh dan Terakhir
adalah acara Penutupan yang dilaksanakan di Stadion Duasudara,” ungkapnya.

Baca Pula:  Kelompok Anak Muda 'GEMAR' Deklarasikan Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung, Pingkan Kapoh menyampaikan pihaknya saat ini mendapatkan support luar biasa dari pemerintah Pusat. Bahkan kata Pingkan, FPSL dari tahun ke tahun banyak menarik berbagai pihak untuk ikut mensponsor kegiatan tersebut.

“Tahun ini banyak sponsor. Hal ini tidak terlepas dari FPSL itu sendiri yang semakin tersohor. Sehingga menjadi buruan para pihak sponsor. Bahkan sponsor total 12 Badan Usaha yang berani mengelontorkan dana hingga ratusan juta untuk kegiatan ini,” pungkasnya.