Connect with us

PERISTIWA

Penuhi Undangan Presiden Xi Jinping, Jokowi Bertolak ke China

Published

on

Presiden Joko Widodo melawat ke negeri tirai bambu untuk memenuhi undangan dari Presiden Xi Jinping. Kedua pemimpin negara dijadwalkan akan bertemu di Chengdu untuk membahas sejumlah agenda prioritas Indonesia-China hingga isu global.

“Sejumlah agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi, baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan, serta isu-isu regional dan global,” kata Jokowi, sebelum lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/8).

Jokowi juga menambahkan, dirinya selalu membahas isu Laut China Selatan dalam setiap pertemuan dengan Presiden Xi.

Selain bertemu Presiden Xi, Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan sejumlah CEO atau pemimpin perusahaan dari China. Salah satu yang akan dibicarakan adalah terkait dengan mobil listrik.

Jokowi menambahkan bahwa perusahaan-perusahaan yang akan bertemu dengan dirinya nanti menurutnya telah dan akan melakukan investasi di Indonesia, khususnya di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan.

“Saya juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games untuk menyemangati kontingen kita yang juga berada di sana dan pada Sabtu (29/7) pagi, Insyaallah, saya sudah tiba di Jakarta,” tandasnya.

Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.20 WIB. [gi/ft]

Sumber: VOA

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply