Connect with us

Bolmong

Pj Bupati Bolmong Berharap Rakerda APDESI Bisa Menguatkan Sistem Pemerintahan Desa

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Selasa 06 Juni 2023, di Pondok Talaga, Desa Tungoi Dua, Kecamatan Lolayan.

Rakerda DPC APDESI Bolmong yang mengambil tema “Menguatkan sinergitas dalam membangun desa, untuk menuju Bolaang Mongondow Emas” itu, dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Limi Mokodompit.

Dalam laporannya, Ketua APDESI Bolmong, Felix Rapar mengatakan, dalam mewujudkan Kabupaten Bolmong emas, Kepala Desa (Kades) se Bolmong terus mendukung program Kabupaten Bolmong.

“Kami Kades se Bolmong siap dan terus mendukung visi dan misi Bupati demi kemajuan Kabupaten daerah,” katanya.

Sementara itu Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit, mengapresiasi giat tersebut. Menurutnya, APDESI memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menguatkan dan meningkatkan kapasitas serta peran sangadi.

Berdasarkan undang – undang desa nomor 6 tahun 2014 tentang desa mengamanatkan bawah, kedudukan kepala desa adalah penanggungjawab jalanya roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dimana mengingat betapa pentingnya kedudukan dan peran seorang kepala desa.

Selain itu, disebutkan bahwa, saat ini desa tidak hanya menjadi fokus pembangunan tetapi juga sebagai perancang pembangunan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhannya.

“Rapat kerja hari ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua dalam menguatkan sistem pemerintahan desa. Karena itu, organisasi ini diharapkan mampu menjadi simbol pemersatu pemerintah desa khususnya dalam membangun sinergi dan ruang komunikasi antar pemerintah desa dan pemerintah daerah,” katanya.