Connect with us

Bolmong

Pj Bupati Limi Buka Bimtek Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Bolmong

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Dinas Pendidikan (Disdik) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan karya tulis ilmiah tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Bolmong.

Kegiatan berlangsung di Ball Room Sutan Raja Hotel Kotamobagu, Senin 5 Juni 2023, dengan tema “Lebih meningkatkan kompetensi guru, melalui literasi kita mengenal dunia menuju Bolaang Mongondow Maju”

Dibuka langsung Pejabat (Pj) Bupati Bolmong, Limi Mokodompit, dan turut dihadiri 160 guru SD dan SMP se-Bolmong.

Dalam sambutannya, Limi mengatakan, sertifikasi guru dalam jabatan berdasarkan Permendiknas nomor 18 tahun 2007 tentang sertifikasi guru dalam jabatan dilakukan melalui penilaian portofolio, dimana salah satu komponen penilaian karya pengembangan profesi.

“Sehingga guru guru dituntut untuk memiliki kompetensi meneliti dna menulis karya ilmiah, baik berupa buku maupun artikel ilmiah,” jelas Limi.

Karya tulis ilmiah diyakini sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan juga proses pendidikan dan profesi guru sarat dengan kegiatan yang mendukung penciptaan dan pengembangan pengetahuan ilmiah, antara lain membaca, meneliti, mendidik, mengajar, mengobservasi dan meneliti.

“Berbagai kegiatan ilmiah beserta hasilnya akan sangat bermanfaat bagi banyak pihak jika ditulis dan dipublikasikan,” ucap Limi.

Menurut Limi, kegiatan tersebut sangat penting dan strategis bagi seorang guru yang profesional dan kompeten di bidangnya.

“Ingat bahwa penulisan ilmiah ini bukan semata karena syarat dalam memperoleh angka kredit untuk menaikan jabatan, tetapi lebih dari itu untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme,” terangnya.

Melalui Bimtek tersebut, Limi pula berpesan agar para peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, memahami dan memiliki kecakapan, pengetahuan, keterampilan dan sikap mental untuk menghasilkan karya tulis ilmiah, sehingga dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan standar kompetensi sebagai seorang guru yang profesional.

“Kepada peserta saya minta manfaatkan Bimtek ini, karena tidak semua guru memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti Bimtek seperti ini,” tutupnya, sembari berharap, para narasumber balai guru penggerak dan perwakilan dari Unima, untuk bersinergi baik dan bekerjasama dengan Pemkab Bolmong untuk suksesnya penyelenggaraan Bimtek ini.