Sampek, Alat Musik Tradisional Suku Dayak Kalimantan Timur

  • Share
Sampek Alat Musik Dari Tanah Dayak via ekonomiglobal.com

PANTAU24.COM-Sampek merupakan alat musik tradisional khas suku Dayak di Kalimantan Timur. Alat musik ini memiliki penamaan yang berbeda-beda di setiap subsuku Dayak.

Misalnya suku Dayak Kenyah, Dayak Bahau dan Kayaan menyebut alat musik ini dengan nama sampek atau sape. Sedangkan suku Dayak Modang menyebutnya sempe dan suku Dayak Tunjung serta Banua menyebutnya sebagai kecapai, karena mirip kecapi.

Kata ‘sampek’ sebenarnya berasal dari bahasa lokal Suku Dayak yang bisa diartikan “memetik dengan jari”. Karena cara memainkannya memang dipetik dengan jari. Mengutip dari Sampek sebagai Pengiring Tari Pampaga Suku Dayak Kenyah dalam Sajian Wisata di Desa Pampang Samarinda Kalimantan Timur (2020) karya Muhammad Gilang Ramadhan, sampek merupakan alat musik petik tradisional khas suku Dayak di Pulau Kalimantan.

Baca Pula:  10 Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang Populer

Sampek tergolong alat musik chordophone, karena bunyinya dihasilkan dari sejenis dawai, senar atau kawat. Cara memainkan alat musik tradisional ini agak mirip seperti kecapi, yakni dengan memetik dawai atau senar sehingga menghasilkan alunan musik yang indah. Dalam Alat Musik Tradisional Sampek Kalimantan Timur (2016) karya Sri Ayu Mulyati, sekilas bentuk sampek mirip seperti gitar yang terbuat dari kayu. Ada dua jenis sampek, yakni Sampek Kayaan serta Sampek Kenyah.

Namun, yang paling dikenal ialah Sampek Kenyah karena memiliki suara yang lebih jernih. Perbedaan Sampek Kayaan dan Sampek Kenyah terletak pada ukurannya. Sampek Kayaan bentuknya lebar, bagian tangkainya kecil dan ukuran panjangnya sekitar satu meter. Jenis sampek ini hanya memiliki dua senar yang terbuat dari bahan plastik.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  8 Alat Musik Tradisional Jawa Timur yang Kamu Harus Tahu

Sedangkan untuk Sampek Kenyah bentuknya lebih kecil dan cenderung memanjang. Bagian ujungnya kecil dan alat musik ini memiliki ukuran panjang sekitar 1,5 meter. Ada tiga hingga lima senar di Sampek Kenyah. Bahan yang digunakan terbuat dari senar atau dawai halus. Alat musik sampek sering digunakan dalam berbagai acara kebudayaan.

Salah satunya sebagai pengiring tarian dan hiburan rakyat. Sampek sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat Dayak, sehingga sering digunakan untuk upacara adat, pesta adat, memanggil arwah leluhur, pesta panen padi, dan lain sebagainya.(*)



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com