Connect with us

PERISTIWA

Tim Garuda Muda Berjuang Raih Juara Piala Asia U23

Published

on

Keriuhan teriakan gol menggema berulang kali di antara 16 ribu penonton yang memadati Stadion Manahan, Sabtu (9/9) malam. Satu persatu pemain Timnas Indonesia berhasil menjebol gawang timnas China Taipei di laga perdana tim Garuda Muda di laga babak kualifikasi grup K Piala Asia U23. Skor 9-0 menjadi perolehan Timnas Indonesia tanpa perlawanan selama 90 menit pertandingan berlangsung.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyaksikan langsung laga itu. Bagi Erick, kemenangan perdana Timnas Indonesia di laga Piala Asia menjadi kado bertepatan perayaan Hari Olahraga, 9 September. Erick mengaku puas dengan penampilan tim Garuda Muda. Erick mengingatkan Timnas Indonesia U23 ini masih banyak lawan dari timnas negara lain di Piala Asia yang tak bisa diremehkan.

“(Tanggal) 9 September 1948 Solo mencatat sejarah sebagai lokasi PON 1. (Tanggal) 9 September juga menjadi Hari Olahraga. Kebetulan laga timnas di AFC U23 ini juga rekor 9-0 lawan Timnas China Taipei. Sebuah kado yang indah bagi Indonesia. Jangan terlena masih ada laga dengan timnas Turkmenistan pekan depan. Tidak bisa dianggap remeh. Tim itu menang 4-0 lawan China Taipei “, ujar Erick usai menonton laga Timnas Indonesia vs Timnas China Taipei di Piala AFC U23 di Stadion Manahan Solo.

Ketum PSSI Erick Thohir menyaksikan laga perdana timnas Indonesia U23 di Piala AFC U23 grup K di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9) malam. (Foto: VOA/Yudha Satriawan)

Ketum PSSI Erick Thohir menyaksikan laga perdana timnas Indonesia U23 di Piala AFC U23 grup K di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9) malam. (Foto: VOA/Yudha Satriawan)

Indonesia harus berjibaku dengan timnas dua negara lai,n yaitu China Taipei dan Turkmenistan di Grup K untuk memperoleh tiket melaju ke level juara grup.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 terdiri dari 11 Grup. Sebanyak 10 Grup dari A sampai J berisi masing-masing empat tim. Hanya Grup K yang berisikan tiga tim.

Hasil drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 adalah:

Grup A: Yordania, Suriah, Oman, Brunei Darussalam

Grup B: Korea Selatan, Myanmar, Kirgistan, Qatar

Grup C: Vietnam, Singapura, Yaman, Guam

Grup D: Jepang, Bahrain, Palestina, Pakistan

Grup E: Uzbekistan, Iran, Hong Kong, Afghanistan

Grup F: Irak, Kuwait, Timor Leste, Macau

Grup G: Uni Emirat Arab, India, Maladewa, China

Grup H: Thailand, Malaysia, Bangladesh, Filipina

Grup I: Australia, Tajikistan, Laos, Korea Utara

Grup J: Arab Saudi, Kamboja, Lebanon, Mongolia

Grup K: Turkmenistan, Indonesia, Taiwan

Suasana Stadion Manahan setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu, 15 Februari 2020. (Foto: Yudha Satriawan)

Suasana Stadion Manahan setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu, 15 Februari 2020. (Foto: Yudha Satriawan)

Timnas Diperkuat Pemain Diaspora Klub Eropa dan Asia Timur

Selain dari dalam negeri, skuad timnas U23 Indonesia juga diperkuat lima pemain diaspora yang berlaga di klub luar negeri. Mereka antara lain Elkan Baggot, Rafael Struck, Irvan Jenner, Pratama Arhan, dan Marselino Ferdinand. Elkan bergabung di jebolan Ipswich Town academy dan bergaung di Klub Gillingham FC Inggris. Rafael di Klub Ado Den Haag Belanda, dan Irvan Klub Utrecht U-21 Belanda. Pratama Arhan di Klub Tokyo Verdy Jepang dan Marselino Ferdinan Klub K.M.Z.K Deinze Belgia.

Elkan Baggott cukup optimistis Timnas Indonesia untuk meraih tiket Piala Asia U-23 2024.

Pemain diaspora timnas U23 Indonesia, Elkan Baggot, saat ditemui di sela-sela latihan jelang laga Piala AFC grup K di Solo, Kamis (7/9). (Foto: VOA/Yudha Satriawan)

Pemain diaspora timnas U23 Indonesia, Elkan Baggot, saat ditemui di sela-sela latihan jelang laga Piala AFC grup K di Solo, Kamis (7/9). (Foto: VOA/Yudha Satriawan)

“Ya, kedua pertandingan lawan China Taipei dan Turkmenistan itu harus kami hadapi. Jelas dua laga itu tiket emas untuk lolos ke Piala Asia. Bagi kami, ini adalah kesempatan untuk bersaing di panggung Asia. Kami tidak mendapatkan terlalu banyak peluang atau belum pernah mengikuti kompetisi ini sebelumnya di putaran final Piala Asia. Jadi pertandingan ini bagi kami dan bagi negara mereka lawan Timnas U-23 Indonesia sangat penting,” ujar Elkan, Kamis, (7/9).

Lebih lanjut Elkan mengungkapkan semua pemain beradaptasi dalam tim. Kerja sama antarpemain menjadi kunci penting, imbuh Elkan.

Di laga perdana lawan Timnas China Taipei, Elkan, Pratama Arhan, dan Rafael menyumbang masing-masing 1 gol sedangkan Marselino 2 gol.

Nantinya, 11 juara grup plus empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia yang berlangsung di Qatar dari 15 April- 3 Mei 2024.

Tiket Menuju Olimpiade

Erick Thohir menjelaskan para pemain yang memperkuat skuad Garuda Muda bintang masa depan. Selain berpotensi tampil di Piala Asia U23, tegas Erick, mereka juga kemungkinan berlaga di Olimpiade Paris 2024.

“Tadi saya masuk ke locker room. Saya sampaikan kepada coach Shin Tae-yong, dan tentu saya berharap ini kita benar-benar fokus tim ini masa depan kita. Karena, kita berharap tentu kalau 12 September nanti bermain baik, kita bisa masuk ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar April 2024.Itu juga menjadi babak Kualifikasi Olimpiade 2024,” ujar Erick. [ys/em]

Sumber: VOA

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply