Connect with us

Bitung

Sempat Mendapat Penolakan Warga, PN Bitung Berhasil Eksekusi Lahan Eks HGU Kinaleosan Milik Keluarga Batuna

Published

on

BITUNG, PANTAU24.COM– Sempat mendapatkan penolakan warga di awal.Pengadilan Negeri (PN) Bitung akhirnya berhasil melaksanakan eksekusi lahan Eks Hak Guna Usaha (HGU) PT Kinaleosan di Kelurahan Girian Indah, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Rabu (02/08/2023).

Eksekusi itu berdasarkan dua putusan Pengadilan Negeri (PN) Bitung Nomor: 107/PDT.G./2020/PN.BIT dan 110/PDT.G/2020/PN.BIT.

Kuasa Hukum Keluarga Batuna, Reinhard Mamalu SH MH menyatakan, kurang lebih ada sekitar 15 Hektar luas lahan yang dieksekusi.

Baca Pula:  Bawaslu Kota Bitung Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu Berkualitas, Ikut Berpartisipasi Cegah Kecurangan dan Pelanggaran

Menurutnya, eksekusi lahan ini dianggap penting agar diketahui masyarakat sebagai bentuk penegasan bahwa lahan milik kliennya itu telah berkekuatan hukum tetap.

“Eksekusi lahan ini bentuk klarifikasi resmi kliennya dari oknum-oknum yang mencoba untuk menyudutkan pemerintah, melemahkan penegakan hukum, serta bersifat mengaburkan substansi masalah dengan memprovokasi masyarakat yang diduga kuat yang menjadi korban sindikat dari mafia tanah,” ujar Reinhard.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Kinerja Gemilang Perumda Air Minum Duasudara Bitung Jadi Acuan Daerah lain Untuk Belajar

Reinhard menyentil, aktor mafia tanah dilahan eks HGU itu telah menimbulkan banyak korban terutama dikalangan masyarakat kecil di Kota Bitung.

“Mereka sudah terindentifikasi. Dan saat ini dalam pengusutan pihak Polres Bitung,” tegasnya.