Connect with us

Bolmong

Kabupaten Bolmong Dinilai Memiliki Akses Sanitasi Layak Terbaik

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) berhasil meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) sebagai daerah yang memiliki askes sanitasi layak terbaik.

Penghargaan diterima langsung Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Limi Mokodompit pada Anugerah Sulut Sensanitasional Award tahun 2023, dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw, di The sentra Hotel Manado.

Hal ini turut dibenarkan Plt Kadis PUPR Bolmong melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Anugerah Paputungan, Kamis 27 April 2023. Ia mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan tersebut sudah melalui penilaian tim juri dari pemerintah provinsi, kementerian PU, akademisi, dan tenaga ahli.

Baca Pula:  Pj Bupati Bolmong dan Gubernur Sulut Turut Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

Diterimanya penghargaan ini, kata Anugerah, pertama atas keterlibatan seluruh stakeholder dan Pemda Bolmong untuk program sanitasi. Dukungan dari internal Pemerintah daerah dan swasta.

“Selain itu dukungan pemda soal alokasi anggaran dan ini juga atas inovasi dari Pemda,” kata Anugerah.

Fakta menarik dan bermanfaat

Menurutnya, sudah sekitar 18 ribu kepala keluarga yang sudah menikmati sanitasi tersebut.

“Ini dianggarkan lewat APBD dan APBN,” ujar Anugerah.

Dirinya berharap, untuk ke depannya dapat dialokasikan anggaran untuk sanitasi lebih diprioritaskan. Karena Sanitasi termasuk dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan Program Pemerintah Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030.

Baca Pula:  Sidak RSUD Datoe Binangkang, Ini Kata Pj Bupati Bolmong

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit mengaku bangga atas penghargaan itu. Tapi kata Limi, perlu diingat bahwa masih banyak hal yang harus diseriusi. Bahkan ditingkatkan dalam pelayanan kepada masyarakat, utamanya pembangunan, pelayanan publik, termasuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Harapan saya ini menjadi perhatian semua stakeholder dan pemangku kepentingan di daerah, untuk lebih meningkatkan pelayanan, agar masyarakat dapat terlayani dengan baik. Apalagi menyangkut kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Sebab, ini akan menjadi barometer kemajuan daerah kita ke depan,” harapnya.