Saudi Umumkan Ibadah Haji Tahun ini Hanya untuk Warganya

  • Share
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto dok. Kemenag)

PANTAU24.COM-Pemerintah Arab Saudi mengumumkan skema haji 1442 Hijriah atau 2021 Masehi hanya untuk warga negara Arab Saudi dan warga negara asing atau ekspatriat yang ada di negara itu.

“Pemerintah Saudi mengumumkan haji hanya dibuka untuk domestik dan ekspatriat saja. Dengan menimbang keselamatan dan keamanan jemaah dari ancaman Covid-19 yang belum reda,” kata kata Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag, Sabtu, 12 Juni 2021.

Baca Pula:  SKB 3 Menteri, Aturan Seragam Keagamaan di Sekolah Negeri Wajib Dicabut

Menurut Yaqut, pemerintah Arab Saudi mempertimbangkan keselamatan dan keamanan jemaah dalam menggelar ibadah haji. Ia mengapresiasi Pemerintah Saudi yang akhirnya menyampaikan keputusan resmi terkait penyelenggaraan haji 2021.

“Jumlah kuota ditetapkan 60.000, ini jauh lebih banyak dibanding tahun lalu,” ujarnya.

Keputusan ini menunjukkan Arab Saudi mengutamakan aspek keselamatan dan kesehatan jiwa jemaah.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Diharapkan masyarakat untuk patuh menjaga protokol kesehatan agar Covid segera tertangani sehingga jika tahun depan haji bisa dilaksanakan lagi kita sudah siap,” lanjut dia.

Baca Pula:  Ini 11 Poin Panduan Ibadah Selama Ramadan yang Diterbitkan Kemenag

Ia mengajak semua pihak untuk mengambil hikmah dari peristiwa ini dan pemerintah akan fokus pada penyelenggaran haji 1443 Hijriah/2022 Masehi.

“Mari sama-sama berdoa semoga pandemi segera berlalu. Ibadah haji tahun depan bisa berjalan dengan normal dan tenang kembali. Innallaha ma’ana,” kata Yaqut Cholil.(*)



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com