Connect with us

PERISTIWA

Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021?

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan menerima informasi bahwa Indonesia tidak mendapat kuota jemaah ibadah haji tahun 2021.
Pernyataan itu disampaikan Dasco saat menolak membahas soal program vaksinasi Covid-19 untuk jemaah ibadah haji.

Published

on

PANTAU24.COM-Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan bahwa hingga saat ini Arab Saudi belum memberikan kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah/2021 tahun ini.

Kepastian itu terkait keputusan Saudi apakah hanya akan memberikan kuota untuk jemaah dalam negeri saja atau mengundang jemaah dari luar negeri.

“Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan kepastian, sekali lagi belum memberikan kepastian,” kata Yaqut dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR dengan agenda persiapan penyelenggaran haji, Senin (31/5/2021).

Baca Pula:  Pusat Kebugaran Dibuka, Begini Tips Agar Tetap Aman Dari Penularan COVID-19

“Apakah penyelenggaraan haji 2021 akan dilaksanakan seperti tahun 2020 lalu hanya jamaah dalam negerinya atau mengundang jemaah dari luar Arab Saudi,” tambah Yaqut.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan menerima informasi bahwa Indonesia tidak mendapat kuota jemaah ibadah haji tahun 2021.
Pernyataan itu disampaikan Dasco saat menolak membahas soal program vaksinasi Covid-19 untuk jemaah ibadah haji.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Sementara kita enggak usah bahas itu (vaksinasi) dulu, karena info terbaru yang kita dengar kita enggak dapat kuota haji,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (31/5).

Baca Pula:  FEATURE: Cerita Petambang Batu Kapur di Bolmong, Merugi Akibat Pembatasan Sosial

Namun ia tak merinci soal info tersebut. Dasco menuturkan bahwa ketiadaan kuota haji itu menjadi pelajaran bagi Indonesia.

“Ini jadi pelajaran juga bagi kita supaya soal vaksin ini kita akan lebih perhatikan agar tidak terjadi hal-hal seperti ini,” katanya.

Diketahui, pada penyelenggaraan ibadah haji 2020 otoritas Saudi hanya mengizinkan warga yang berada di dalam negaranya menggelar ibadah haji.(*)