Ramadhan Tahun ini, Warga Muslim Bolmut Dibolehkan Salat Tarawih di Masjid

  • Share

BOLMUT, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) membolehkan masyarakat di Kabupaten itu melaksanakan salat tarawih di masjid masing-masing pada bulan puasa tahun ini.

Hal itu disampaikan Bupati Bolmut, Depri Pontoh pada prosesi Adat Mopohabaru/Mopotau oleh Aliansi Lembaga Adat Bolmut yang bertempat di Kediaman Bupati Bolmut Desa Bolangitang I, Kecamatan Bolangitang Barat, Senin 5 April 2021.

Depri Pontoh dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan ibadah salat tarawih boleh dilaksanakan di masjid masing- masing ataupun dilaksanakan di rumah.

“Akan tetapi harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yakni mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker,” ucap Depri Pontoh.

Depri juga meminta, keterlibatan dan peran aktif para Camat, sangadi, tokoh agama serta tokoh masyarakat untuk selalu mengimbau kepada masyarakat dan jamaah agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pada bulan ramadhan tahun ini.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Prabowo Dikritik Karena Lembek Terhadap China

“Silakan melakukan tadarusan di masjid. Silakan tarawih di masjid. Tapi ingat, tetap terapkan protokol kesehatan,” kata Depri.

Terkait dengan penetapan 1 Ramadhan 1442 H lanjut Depri, Pemkab Bolmut tetap akan menunggu pengumuman resmi Kementerian Agama RI.

“Kapan 1 Ramadhan, Pemerintah Daerah masih akan mendengarkan hasil sidang Isbat yang akan digelar Kementerian Agama RI,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, Depri Pontoh juga menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut yang telah menyampaikan kabar terkait dengan datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah melalui prosesi adat
Mopohabaru/Mopotau.

Baca Pula:  Capaian Target Visi-Misi Bupati Bolmong Merosot di 2020

Prosesi adat menjelang Ramadhan 1442 Hijriyah ini turut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut, Ainun Pontoh Talibo, Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Nana Riana, Kepala Pengadilan Agama Bolmut, Sekda Asripan Nani.

Selain itu, para Asisten Sekda, Staf ahli, Staf Khusus Bupati Bolmut, Ketua MUI Bolmut, Kepala Kementrian agama Bolmut, Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat serta Sangadi, Tokoh Agama, Adat dan masyarakat juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Diketahui, prosesi adat mopohabaru ini juga telah dilaksanakan di tinkat Desa dan Kecamatan se Kabupaten Bolmut.

|Penulis: Rinto Binolombangan



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com