Badan Kerja Sama Utara-Utara Seriusi Sektor Peternakan, Perikanan dan Pariwisata

  • Share

BOLMUT, PANTAU24.COM-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Asripan Nani mengikuti rapat pleno Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) yang digelar di aula kantor Bupati Gorontalo Utara, Rabu 31 Maret 2021.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin yang juga selaku Ketua BKSU periode 2021-2022. Pada kesempatan itu, Indra Yasin menyampaikan program-prgram yang telah dibahas dengan serius, antara lain, program peternakan yang telah di laksanakan di Kabupaten Buol, program perikanan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan program pariwisata yang telah dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango.

Adapun pemaparan singkat dari masing-masing program yakni, hasil rumusan program peternakan oleh keempat daerah disampaikan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Gorontalo Utara, yang meliputi pengembangan triple helix kerja sama antara pemerintah Pusat/Daerah dan perguruan tinggi/swasta dalam pengembangan peternakan.

Baca Pula:  20 Desa di Bolmut Jadi Lokus Intervensi Stunting 2022

Di dalamnya ada beberapa kegiatan terdiri dari dari temu bisnis pengembangan usaha peternakan sapi, pengembangan ranch sapi potong, audience ke Kementrian Pertanian RI permohonan anggaran APBN, studi komparasi pengembangan sapi potong ke Padang Mangatas dan Australia, serta pembagian peran masing-masing daerah.

Sementara itu, hasil rumusan program perikanan keempat daerah disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Buol, sebagai berkut sbb; pengembangan kawasan klaster tambak udang, dan pengawasan kelautan dan perikanan (pencegahan dan pengawasan illegal fishing).

Fakta menarik dan bermanfaat

Di sisi lain, hasil rumusan program pariwisata keempat daerah disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Gorontalo Utara yaitu, mendorong Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Pariwisata untuk memberikan dukungan DAK fisik maupun non fisik khusus pembangunan di bidang pariwisata. Melaksanakan promosi penguatan kapasitas SDM pelaku pariwisata di empat daerah anggota BKSU. Melakukan upaya dan program magang aparatur daerah pengelola pariwisata.

Baca Pula:  Pemkab Bolmut Gencar Kampanyekan Pakai Masker

Melaksanakan calender of event (pameran dan pentas seni) budaya masing masing daerah. Penguatan promosi pariwisata melalui media sosial yang dibentuk dalam satu akun, dan untuk penguatan wisata religi perlu dilakukan kerjasama antara BKSU dan perguruan Tinggi IAIN Sultan Amai Gorontalo.

“Untuk penandatanganan adendum MoU BKSU akan dilaksanakan menunggu jadwal dari 3 Gubernur yang terkait dan hasil rumusan tadi untuk dapat dipaparkan kembali,” kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin.(*)



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com