Connect with us

Cari Tahu

Ini Jenis Masker yang Direkomendasikan WHO

Dengan mengenakan masker, potensi terpapar virus corona menjadi kecil. Tapi, masker yang digunakan haruslah sesuai standar agar fungsinya maksimal.

Published

on

Warga di lokasi pengungsian korban gempa Mamuju, Sulawesi Barat tetap dianjurkan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker
Ilustrasi penggunaan masker. Warga di lokasi pengungsian korban gempa Mamuju, Sulawesi Barat tetap dianjurkan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. (foto: pantau24.com/marshal)

PANTAU24.COMMemakai masker menjadi salah satu cara yang dianggap paling efektif dalam mencegah penularan virus corona.

Dengan mengenakan masker, potensi terpapar virus corona menjadi kecil. Tapi, masker yang digunakan haruslah sesuai standar agar fungsinya maksimal.

Tidak semua masker yang ada dipasaran bisa mencegah masuknya virus ke dalam hidung maupun mulut. Pengguna harus betul-betul memperhatikan tingkat kerapatan pori-pori masker yang dipakai. Selain itu, ada batal-batas waktu pemakaian masker yang sudah ditentukan.

Foto Instagram Kemenkes RI

Saat ini banyak sekali masker yang beredar di pasaran. Mulai dari masker kain, masker scuba, hingga masker medis. Namun sebenarnya, masker jenis apakah yang efektif mencegah covid-19?

Baca Pula:  Tekanan Darah Tinggi, Penyakit Paling Banyak Terjadi di Bolmong

Baca juga: Presiden Minta Ada Standardisasi Masker untuk Masyarakat

Fakta menarik dan bermanfaat

Merangkum dari akun Instagram resmi Kemenkes RI @kemenkes_ri, ada tiga jenis masker yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), yaitu:

1. Masker N95

Masker ini memiliki standar tinggi dan sebaiknya dipakai oleh petugas kesehatan yang langsung berhadapan dengan pasien serta virus di lab.

2. Masker bedah 3 ply

Masker ini biasanya dipakai oleh tenaga medis. Masker medis memiliki tiga lapisan (layer). Lapisan tengahnya terdapat filter untuk menyaring cairan keluar saat bersin, pilek, atau batuk.

Baca Pula:  Aksi Cap Jempol Darah, Partai Demokrat Sragen Tolak Moeldoko

3. Masker kain

Masker ini memiliki tiga lapis kain. Masker kain sebaiknya tidak terbuat dari bahan elastis, karena dinilai kurang maksimal mencegah virus penyakit.

Meski ketiga masker tersebut direkomendasikan WHO, cara pemakaian yang baik dan benar juga berpengaruh dalam keberhasilan pencegahan virus corona.

“Yang terpenting pakai masker dengan benar. Tutupi hidung, mulut, hingga dagu. Tidak menyentuh bagian depan masker yang sedang digunakan, dan cuci masker kain tiap hari setelah digunakan,” jelas Kemenkes.

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Zonautara.com
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com