Bolmong PPKM Level 3, Pemakaian Masker yang Benar Turut Diatur

  • Share
vaksinasi di bolmong
Pada penerapan PPKM level 3 di Kabupaten Bolaang Mongondow juga turut mengatur soal penggunaan masker yang benar. (Dok. pantau24.com/marshal)

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dengan kriteria level 3. Hal itu berdasarkan surat edaran nomor 400/07/Setdakab/51/VIII/2021 tertanggal 18 Agustus 2021.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow itu disebutkan, penerapan PPKM level 3 berdasarkan assesmen oleh Kementerian Kesehatan.

Setidaknya ada 20 poin penting yang wajib dijalankan selama penerapan PPKM level 3. Mulai dari pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan, pelaksanaan kegiatan di tempat kerja/perkantoran, pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial, pelaksanaan kegiatan di pusat perbelanjaan, aktivitas di tempat ibadah, pengaturan penumpang pada transportasi umum hingga pelaksanaan hajatan bagi masyarakat yang dilarang adanya hidangan makan di tempat.

Menariknya, dalam surat edaran yang mulai berlaku sejak tanggal diterbitkan itu, Pemkab Bolmong juga mengatur soal penggunaan masker yang baik dan benar serta konsisten saat beraktivitas di luar rumah, serta tidak diizinkan penggunaan pelindung wajah (face shield) tanpa menggunakan masker.

Baca Pula:  Ini Rincian Tenaga Kesehatan di Sulut yang akan Divaksin

Pasalnya, menurut Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, Erman Paputungan, saat ini, masih banyak masyarakat yang keliru dalam memakai masker. Ada yang hanya menutupi bagian mulut saja, bahkan ada juga yang hanya di bagian dagu.

Fakta menarik dan bermanfaat

Padahal, memakai masker dengan benar masih menjadi cara ampuh untuk mencegah penularan Covid-19. Tetapi, kata Erman, pemakaian masker harus banar dan pastikan masker menutup ketat area hidung, mulut, dan dagu.

“Bahkan saat ini, direkomendasikan untuk menggunakan masker ganda agar bisa proteksi lebih, yakni mengenakan masker medis ditambah dengan masker kain di bagian luar. Cara ini juga dinilai ampuh menangkal Covid-19 varian delta,” kata Erman, sembari berharap masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi Covid-19 tetap menjadi ikhtiar bersama dalam memerangi penularan virus corona.

Baca Pula:  Update 9 April: Covid-19 Indonesia Bertambah 337 Kasus, Total 3.293 Kasus

Berikut 8 cara memakai masker yang benar dikutip dari laman media sosial resmi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN):

  1. Cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer sebelum pakai masker.
  2. Pakai masker bersih yang tidak rusak/kotor.
  3. Pastikan masker menutup ketat area hidung, mulut, dan dagu.
  4. Tekan bagian atas masker sehingga menutup mengikuti bentuk hidung.
  5. Pakai masker ganda lebih baik, dengan kombinasi masker medis + masker kain.
  6. Hindari menyentuh bagian depan masker saat digunakan.
  7. Lepas masker dari tali belakang.
  8. Kembali cuci tangan pakai sabun atau bersihkan dengan hand sanitizer setelah melepas masker.


  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com