Dinkes Bolmut dan PMI Beri Pelayanan Kesehatan Korban Bencana Manado

BOLMUT, PANTAU24.COM-Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Tim  PSC 119 dan PMI Daerah setempat beri bantuan pelayanan kesehatan kepada masyarakat  korban bencana banjir dan longsor di kota Manado.

Kedatangan tim yang dipimpin langsung Kepala Dinkes Bolmut, dr.Jusnan C Mokoginta,MARAS itu diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado melalui Kepala Bidang Yankes Dokter Joy.

Pada kesempatan itu, Jusnan menyampaikan tim tersebut berjumlah 17 orang, terdiri dari 1 orang Kepala bidang, 2 kepala seksi, 2 dokter, 5  perawat, 3 asisten, 1 tenaga admin serta 3 orang driver.

Baca Pula:  Tinjau Luwu Utara, Kepala BNPB Ingatkan Pentingnya Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Kata Jusnan, dalam misi kemanusiaan ini, pihaknya memilih lokasi khusus (Lokus) untuk pelayanan kesehatan secara gratis yaitu Kelurahan Mahau, Kecamatan Tuminting dan diterima oleh Lurah Mahau Sidik Moha,SE bersama kepala Puskesmas Tuminting Dokter Ivon.

“Selanjutnya kami langsung melakukan pelayanan kesehatan gratis kepada warga diwilayah itu,” kata Jusnan, Selasa 26 Januari 2021.

Fakta menarik dan bermanfaat

Dalam pelayanan kesehatan tersebut lanjut Jusnan, paling banyak datang berobat adalah balita dan dewasa  dengan jumlah pasien yang dilayani 55 orang, terdiri dari anak anak 18 orang dan dewasa 37 orang.

Baca Pula:  Akses Keluar Masuk Bolmut-Gorut Kembali Dijaga Ketat

“Paling banyak keluhan  diiiagnosa oleh dokter adalah dermatitis 21 orang, ISPA 14 orang, mialgia 7 orang, hipertensi 6 orang, diare 4 orang dan cepalgia 3 orang,” ujar Jusnan.

Menurutnya, bantuan layanan kesehatan gratis ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Bolmut kepada warga Manado.

“Bolmut pernah mengalami hal yang sama, sehingga apa yang dirasakan oleh warga manado juga pernah kita rasakan. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di Manado,” pungkasnya.

Penulis : Rinto Binolombangan

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com