Connect with us

Bolmong Raya

Pemkab Bolmong Sepakat Dukung TPB Ekosistem Kelautan

Salah satu fokus TPB-14 antara lain menekankan perlunya perlindungan dan pengelolaan secara berkelanjutan dari ekosistem pesisir dan laut

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) bersepakat mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) 14 yakni ekosistem kelautan. Hal itu disampaikan Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, saat mengikuti kegiatan peluncuran kemitraan bupati dan wali kota pesisir untuk pencapaian TPB 14, melalui Aplikasi Video Conference (Vidcon).

Kegiatan yang digelar Kamis (06/08/20), di D’Talaga Resto itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, membacakan ikrar kemitraan sebagai penanda bergabung dalam kemitraan ini.
“Melalui kepemimpinan kami dan dukungan kami kepada masyarakat,” ucap Yasti.

Sementara itu, Kepala Bappeda Bolmong melalui Kepala Bidang Perekonomi dan SDM Ahmad Yunus Mokoginta mengatakan, maksud dilaksanakannya kegiatan ini di antaranya untuk menyediakan wadah bagi para bupati dan wali kota di daerah pesisir untuk berjejaring, menjadi platform berbagai program inovatif berdasarkan TPB-14 dan sebagai forum konsultasi, komunikasi berbagi info dan hal lainnya bagi masalah bersama bupati dan wali kota wilayah pesisir.

“Sebelumnya, Bupati Bolmong telah menandatangani ikrar sebagai bentuk dukungan, sekaligus juga menyerahkan ikrar dukungan kepada HNSI Kabupaten Bolmong,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bolmong, Wahyudin Gonibala menyebut, salah satu fokus TPB-14 antara lain menekankan perlunya perlindungan dan pengelolaan secara berkelanjutan dari ekosistem pesisir dan laut, untuk mencapai laut yang sehat dan produktif, mendukung peningkatan manfaat ekonomi bagi negara-negara kepulauan yang mempraktikan pengelolaan secara berkelanjutan, mencegah IUU fishing dan overfishing, serta melarang penangkapan ikan dengan teknik yang merusak.

“TPB-14 juga mengutamakan penyediaan akses bagi nelayan kecil ke sumber daya laut dan pasar,” sebut Wahyidin.

Sekadar diketahui, kegiatan ini diikuti oleh Menteri Kelautan dan Perikanan DR. Edhy Prabowo, Kemenko Kemaritiman oleh Deputi Kemenko, Mendagri diwakili Dirjen Pembangunan Daerah, mewakili Bapenas, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, bupati dan wali kota di 13 kabupaten/kota daerah pesisir di Sulawesi Utara (Sulut).

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Zonautara.com
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com