/

Puluhan Ribu Bangunan di Bolmong Tak Kantongi Izin

BOLMONG, PANTAU24.COM-Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) membeberkan, hingga saat ini baru 834 bangunan yang mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Angka tersebut belum mencapai 10 persen dari 35.216 bangunan yang layak IMB.

“Baru 834 bangunan yang kantongi IMB. Sementara, di Bolmong ada sekitar 35.216 bangunan yang wajib mengurus IMB. Angka saat ini belum mencapai 10 persen,” beber Kepala DPMPTSP Bolmong, Fyfiannie Soepredjo, Rabu 8 Juli 2020.

IMB menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki. Tidak jarang IMB jadi dokumen yang kerap dilupakan dalam transaksi jual beli rumah. Padahal dokumen satu ini punya fungsi yang sangat penting.

“IMB menjadi sangat penting untuk dimiliki. Karena keberadaan IMB bertujuan untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai dengan peruntukan lahan,” jelasnya.

Baca Pula:  Peringati Hari Pahlawan, Forkopimda Kotamobagu Ziarah Makam

Dengan adanya IMB, pemilik rumah atau bangunan pun bisa mendapatkan perlindungan hukum yang maksimal. Dengan begitu ketika bangunan berdiri, tidak akan mengganggu atau merugikan kepentingan orang lain.

Fakta menarik dan bermanfaat

Keberadaan IMB dalama kepemilikkan bangunan tentu saja memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan yang tidak memiliki izin IMB. Hal ini bukan hanya disebabkan karena pembeli rumah nantinya bisa bebas membangun atau merenovasi rumah, melainkan juga mendapatkan sejumlah keuntungan lainnya.

“IMB juga sangat berguna ketika akan mengajukan kredit dengan agunan ke bank. Jika kamu menjaminkan rumah, maka rumah yang bisa dijaminkan hanyalah yang memiliki IMB,” sambungnya.

Keuntunan lain bangunan yang memiliki IMB, yakni menjadi persyaratan wajib untuk mengubah Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

Untuk itulah banyak yang mengubah legalitas tanah dan bangunannya dari HGB menjadi SHM. IMB memiliki dasar hukum yang diatur dalam Pasal 7 dan 8 Undang-Undang No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Baca Pula:  NJOP di Bolsel Naik 2 Kali Lipat

Dalam Pasal 7, sebuah gedung harus memenuhi syarat administrasi dan teknis sesuai dengan fungsi bangunan gedung. Syarat administratif tersebut termasuk izin mendirikan bangunan.


Sementara pada Pasal 8 juga menjelaskan setiap bangunan gedung harus memenuhi syarat administratif termasuk izin mendirikan bangunan gedung.

Selain dalam Pasal 7 & 8 UU Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, IMB juga diatur dalam Undang-undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yang banyak membahas aturan tentang mendirikan bangunan.

Ada pula dasar hukum lainnya, yaitu Peraturan Presiden RI No. 36 Tahun 2005, yang mengatur tentang persyaratan gedung. Selain aturan-aturan tersebut, masih ada aturan dari masing-masing daerah yang berkaitan dengan IMB.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com