Connect with us

Bolmut

Seksi Trantib Pemerintah Kecamatan Pinogaluman Programkan Agrowisata Buah

Pemerintah Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengembangkan program agrowisata buah sebagai program dalam mendukung kesejahteraan masyarakat diwilayahnya.

Published

on

BOLMUT,PANTAU24.com– Pemerintah Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengembangkan program agrowisata buah sebagai program dalam mendukung kesejahteraan masyarakat diwilayahnya.

Salah satu program dari seksi ketenraman dan ketertiban (trantib) Kecamatan Pinogaluman ini adalah upaya inovasi bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat melalui agrowisata.

Camat Pinogaluman Sarwan Hasan Abidin, SE., M.Si melalui kepala seksi trantib Ismail Hasan, S.Sos mengatakan program ini awalnya muncul dari bagaimana seksi yang dibidanginya harus ada inovasi.

Camat Pinogaluman Sarwan Hasan Abidin, SE., M.Si

“Nah salah satu inovasi dari trantib adalah agrowisata. Sebenarnya sudah digagas sejak tahun 2020 tapi karena ada pandemi Covid-19 sehingga terhenti,”ujarnya.

Ismail menambahkan, mengapa trantib mengembangkan agrowisata? Alasannya karena jika ekonomi masyarakat baik, bukan tidak mungkin berdampak positif disektor keamanan dan ketertiban.

Fakta menarik dan bermanfaat

Selain itu, program agrowisata buah, disamping untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga untuk mengembalikan habitat durian di Desa Kayuogu, Desa Batubantayo dan Desa Padango sebagai penghasil buah durian.

Baca Pula:  Mencegah Bolmut Jadi Pintu Masuk Penyakit Zoonotik

Menurutnya, ia sudah melakukan studi banding di Kabupaten Parigi Moutong terkait pengembangan agrowisata buah ini. Berangkat dari sana, pihaknya melakukan kerjasama dengan balai yang membidangi.

“Mereka siap menyuplai 20 ribu bibit durian dan alvokad pada tahuh 2023 ini,”ungkapnya.

Saat ini karena keterbatasan muatan transportasi sudah ada 6500 bibit durian dan alvokad yang tersalurkan.

“Yang terdiri dari 3500 bibit durian, 3000 bibit alvokad,”ujar Hasan.

Distribusinya ke tiga desa yaitu Batu Bantayo, Kayougu dan Padango. Pada Oktober 2023 ini kembali lagi ada penyaluran 10 ribu bibit.

Dirinya menyampaikan program ini juga berkat kerjasama Sangadi Batubantayo, Warman Salhasim, Sangadi Kayuogu Parman Bahoa, Sangadi Padango Djunaidi Tanaiyo.

Sebelumnya Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh didampingi wakil Bupati Bolmut Amin Lasena menerima kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) yang dipimpin langsung oleh Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu bertempat di gedung wanita Kawasan Pantai Batu Pinagut, kecamatan Kaidipang, Senin 7 Agustus 2023.

Baca Pula:  Depri Lirik Durian, Ternyata Segini Produksi Durian di Bolmut

Pada momen ini Bupati Depri menyampaikan ketertarikan buah durian untuk dikembangkan di Kabupaten Bolmut. Seperti halnya Kabupaten Parimo yang mampu melakukan ekspor durian ke luar negeri yaitu Thailand dan Malaysia bahkan terbaru di China.

Disisi lain data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolmut produksi durian pada tahun 2022 mencapai 188,6 ton. Dengan produksi terbesar ada di Kecamatan Bintauna yaitu sekitar 89 ton. Disusul Kecamatan Bolangitang Barat 60 ton. Bolangitang Timur 29 ton, Kaidipang 6 ton dan Pinogaluman 3 ton.

Sejak tahun 2019 produksi durian di Bolmut mengalami naik turun, pada tahun 2019 produksi durian mencapai 40 ton, 2020 mencapai 35 ton, 2021 hanya 6 ton.