Connect with us

Bolmut

Depri Lirik Durian, Ternyata Segini Produksi Durian di Bolmut

Sejak tahun 2019 produksi durian di Bolmut mengalami naik turun, pada tahun 2019 produksi durian mencapai 40 ton, 2020 mencapai 35 ton, 2021 hanya 6 ton.

Published

on

BOLMUT,PANTAU24.com- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh didampingi wakil Bupati Bolmut Amin Lasena menerima kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) yang dipimpin langsung oleh Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu bertempat di gedung wanita Kawasan Pantai Batu Pinagut, kecamatan Kaidipang, Senin 7 Agustus 2023.

Bupati Bolmut mengatakan pertemuan ini sebagai upaya bersama untuk saling bersinergi dan kolaborasi antar daerah.

“Silaturahmi yang kita bangun hari ini, dapat memperteguh komitmen kita bersama dalam pembangunan disektor pariwisata dan kearifan lokal sebagai salah satu prasyarat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkesinambungan, dan berkeadilan di daerah,”ujarnya.

Baca Pula:  Bupati Bolmut Disuntik Vaksin Covid-19

Bupati berharap pada kunjungan kerja ini akan  terbangun hubungan yang erat antara Kabupaten Bolmut dan Kabupaten Parimo.

“Sehingga kita semua mampu membenahi infrastruktur yang mendukung kepariwisataan di daerah. Oleh karena itu penataan objek-objek wisata yang dilakukan oleh pemerintah daerah tentu akan berpengaruh pada pencapaian target dan daya tarik wisatawan yang diharapkan,”ungkap Depri.

Fakta menarik dan bermanfaat

Sementara itu Bupati Depri menyampaikan ketertarikan buah durian untuk dikembangkan di Kabupaten Bolmut. Seperti halnya Kabupaten Parimo yang mampu melakukan ekspor durian ke luar negeri yaitu Thailand dan Malaysia bahkan terbaru di China.

Baca Pula:  Bupati Depri Pontoh Pimpin Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke 77

Disisi lain data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolmut produksi durian pada tahun 2022 mencapai 188,6 ton. Dengan produksi terbesar ada di Kecamatan Bintauna yaitu sekitar 89 ton. Disusul Kecamatan Bolangitang Barat 60 ton. Bolangitang Timur 29 ton, Kaidipang 6 ton dan Pinogaluman 3 ton.

Sejak tahun 2019 produksi durian di Bolmut mengalami naik turun, pada tahun 2019 produksi durian mencapai 40 ton, 2020 mencapai 35 ton, 2021 hanya 6 ton.