Connect with us

Bolsel

Bupati Iskandar Buka Festival Maleo dan Desa Expo 2022

Published

on

BOLSEL, PANTAU24.COM-Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru membuka secara resmi Festival Maleo dan Desa Expo tahun 2022, bertempat di Pantai Desa Sondana, Kecamatan Bolaang Uki, Selasa, 22 November 2022.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas PMD Kabupaten Bolsel yang bekerjasama dengan team Butola ini, dihadiri langsung oleh kepala Biro Administrasi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Abdulah Mokoginta yang mewakili Gubernur Sulut.

Turut hadir, Wakil Bupati (Wabup), Deddy Abdul Hamid serta Sekda Bolsel Marzaius Arvan Ohy, Kapolres Bolsel, Kacabjari Dumoga, Ketua Tim Penggerak PKK, pimpinan OPD, staf ahli, Staf khusus, para Camat dan Sangadi se Kabupaten Bolsel.

Baca Pula:  Pemkab Bolsel Salurkan Bantuan untuk Warga Korban Bencana Manado

Dalam sambutannya, Bupati berharap pelaksanaan Desa Expo Kabupaten Bolsel tahun 2022 ini bisa menjadi ajang bagi desa untuk menampilkan capaian dan keunggulan masing-masing desa.

“Baik dalam segi pengeloaan administrasi, keuangan, pembangunan infrastruktur, pemberdayaan UMKM, kebudayaan dan talenta dari masing-masing desa yang diaplikasikan melalui perlombaan” kata Bupati.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Untuk itu saya berharap ajang kegiatan Desa Expo ini bisa dijadikan sebagai pemicu semangat dalam membangun desa masing-masing serta dijadikan tempat untuk saling bertukar informasi dan gagasan dalam pengelolaan Desa,” lanjutnya.

Bupati menjelaskan, selain keanekaragaman, bolsel juga kaya akan biota laut dan alamnya, salah satunya dihuni oleh satwa endemik burung maleo.

Baca Pula:  Tapal Batas Bolmong-Bolsel Kembali Dibahas

“Di Bolsel selain ada dalam kawasan taman nasional juga ada di luar kawasan yaitu di Tanjung Binerean, yang saat ini kami sudah terbitkan regulasi baik Perda maupun Perbub bolsel,” Jelasnya.

Selanjutnya, melalui kegiatan ini, Bupati mengajak semua masyarakat Bolsel untuk turut andil dalam menjaga, melindungi dan melestarikan satwa dan keasrian daerah.

“Agar generasi berikutnya bisa ikut menikmati dan bisa melihat secara langsung bagaimana kehidupan maleo kelak serta dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan peminat wisata ekotourism di Bolsel,” pungkas Bupati.