Benarkah, Cengkeh Bisa Mengobati Sakit Gigi Hingga Kanker

  • Share
Ilustrasi dari pixabay.com

PANTAU24.COM-Zat utama yang terkandung dan sering diekstrak dari cengkeh adalah eugenol. Eugenol ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Eugenol memiliki efek entikanker, antibakteri, antijamur, antioksidan, antiinflamasi, serta antiserangga.

Dilansir dari Jurnal Litbang Pertanian, berikut adalah pembahasan manfaat cengkeh bagi tubuh manusia.

Obat sakit gigi

Bahan eugenol dalam cengkeh banyak digunakan dalam produk kedokteran gigi. Salah satunya adalah bahan tambal gigi sementara, yaitu zinc oxide eugenol.

Eugenol dalam bahan tersebut memiliki kemapuan memblok transmisi impuls saraf sehingga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang. Selain itu, bahan ini memiliki kemampuan antibakteri kuat untuk mengeliminasi bakteri penyebab gigi berlubang, dibandingkan dengan bahan sejenis.

Penggunaan eugenol untuk mencegah dan mengatasi sakit gigi juga bisa ditemukan dalam produk seperti obat kumur dan pasta gigi. Penelitian menunjukkan bahwa obat kumur yang mengandung eugenol bisa menghambat tumbuhnya bakteri Streptococcus mutans dan Streptococcus viridans yang merupakan penyebab plak dan gigi berlubang.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Ria Irawan Kembali Derita Kanker, Dewi Memarahinya Karena Masih Merokok

Balsam atau obat oles pereda sakit

Salah satu efek eugenol adalah meredakan sakit atau analgesik. Sifat ini membuat eugenol sering dimanfaatkan sebagai bahan dalam balsam atau obat oles untuk meredakan nyeri otot atau reumatik.

Mengobati parkinson

Parkinson adalah salah satu penyakit degenerati yang menyerang saraf. Pada penelitian tahun 2010 secara in vitro, ditemukan bahwa eugenol mengandung antioksidan tinggi. Hal ini membuat eugenol memiliki potensi baik untuk mengobati penyakit degeneratif seperti parkinson.

Mengobati infeksi jamur

Eugenol menunjukkan efek hambat yang baik terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans. Infeksi akibat jamur ini disebut dengan candidiasis. Candidiasis sering terjadi pada kulit, rongga mulut, saluran pernapasan, dan vagina.

Mengobati kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker paling banyak kedua yang menyerang wanita dan beresiko menyebabkan kematian. Kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus. Eugenol dalam cengkeh memiliki efek antivirus yang baik untuk mengobati virus ini.

Baca Pula:  77 Persen Produksi Cengkeh Dunia Berasal dari Indonesia

Mengobati herpes

Sebuah penelitian tahun 2000, eugenol cukup efektif untuk digunakan dalam pengobatan herpes genital yang disebabkan oleh Herpes Simplex Virus. Karena efek antivirus yang kuat, eugenol juga disebut memiliki kemampuan untuk melawan virus hepatitis C.

Mengobati kanker

Kandungan eugenol dalam cengkeh bisa disintesis hingga mendapatkan beberapa senyawa. Senyawa pertama adalah flavon asam asetat yang bersifat anti kanker. Kandungan senyawa kedua adalah bibenzil. Senyawa ini memiliki efek antimitotik dan antileukimia. Berbagai penelitian masih dilakukan untuk menunjukkan penggunaan senyawa ini sebagai agen antitoksik pada sel kanker. Itu tadi beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan.

Kapan terakhir kali Anda mengonsumsi cengkeh dalam makanan Anda?



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com