Ingat! 7 Hal Ini Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan

  • Share
Ilustrasi dari unsplash.com
Ilustrasi dari unsplash.com

PANTAU24.COM-Kewajiban berpuasa di bulan ramadhan bagi setiap muslim merupakan perintah langsung dari Allah SWT dalam kitab suci Alquran.

Seperti yang tertulis dalam surah Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Pengertian puasa adalah menahan diri dari apa-apa yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dengan niat semata-mata karena Allah SWT.

Namun, apabila seseorang mendapat halangan, sehingga tidak dapat menjalankan ibadah tahunan itu, maka diwajibkan baginya untuk mengqada atau mengganti puasa di bulan lain selain Ramadhan.

Hal itu tersebut sesuai dengan firman Allah dalam surah Al Baqarah ayat 185, “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.”

Fakta menarik dan bermanfaat

Lantas, apa saja yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan? Berikut tujuh hal yang dapat membuat puasa seseorang menjadi batal. Di antaranya karena berhubungan badan suami-istri.

Baca Pula:  Bolmong Butuh Laboratorium Lingkungan

1. Masuknya sesuatu ke dalam mulut

Pengertian paling dasar puasa adalah menahan makan dan minum pada waktu yang ditentukan. Jadi, apabila seseorang memasukkan sesuatu lewat lubang pada anggota tubuhnya dengan sengaja maka puasanya akan batal.

2. Berhubungan badan

Seorang muslim dilarang berhubungan intim di siang bolong saat puasa. Meskipun hubungan badan itu terjadi antara suami istri yang syah.

3. Muntah

Barang siapa yang sengaja muntah, dengan cara memasukkan sesuatu ke dalam mulut atau apa pun itu, maka puasanya akan batal. Namun, bula tidak sengaja, seperti sakit, maka tidak membatalkan puasa.

Baca Pula:  Update 6 Mei 2020: Kasus Covid-19 Indonesia Bertambah 367 Kasus, Total 12.438 Kasus

4. Keluar Air Mani

Keluar mani dengan sengaja saat sedang puasa membatalkan puasa. Baik itu karena berhubungan badan atau masturbasi. Namun, bula keluar mani karena mimpi, maka tidak membatalkan puasa.

5. Haid/Nifas

Bagi perempuan yang mengalami haid saat berpuasa, maka secara otomatis puasanya akan batal dan wajib menggantinya di hari lain. Senada, itu juga berlaku bagi perempuan yang mengeluarkan darah akibat proses melahirkan.

6. Gila

Bila seseorang hilang kesadaran, atau mendadak gila, maka puasanya batal. Alasannya, puasa hanya diwajibkan kepada orang yang sehat akal dengan penuh kesadaran.

7. Murtad

Syarat utama menjalankan puasa Ramadan adalah percaya bahwa perintah puasa berasal dari Allah SWT. Apabila seseorang tidak lagi percaya dengan Allah dan perintah-Nya, maka secara otomatis puasanya akan batal.



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com