Keppres Sudah Terbit, Cuti Bersama ASN 2021 Hanya 2 Hari

Ilustrasi ASN
Ilustrasi ASN

PANTAU24.COM-Indonesia sebagaimana hampir seluruh negara di dunia masih menghadapi pandemi Covid-19, dan terus berjuang untuk mengeliminasi penyebarannya. Pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun itu telah membuat banyak perubahan di berbagai aspek, termasuk cuti bersama bagi aparatur sipil negara (ASN) di Indonesia.

Untuk terus menekan laju penyebaran penularan Covid-19, Pemerintah RI telah memangkas jumlah hari cuti bersama ASN 2021 dari semula tujuh hari menjadi hanya tinggal dua hari saja.

Pemangkasan cuti bersama ASN itu telah dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 7 tahun 2021 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara. Keppres itu telah diteken oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 9 April 2021.

Berikut isi lengkap Keppres mengenai cuti bersama ASN:

Kesatu: Menetapkan cuti bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara tahun 2O2l yaitu pada tanggal 12 Mei 2021 (Rabu) sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan tanggal 24 Desember 2021 (Jumat) sebagai cuti bersama Hari Raya Natal.

Fakta menarik dan bermanfaat

Kedua: Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU tidak mengurangi hak cuti tahunan Pegawai Aparatur Sipil Negara.


Ketiga: Pegawai Aparatur Sipil Negara yang karena jabatannya tidak diberikan hak atas cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan.

Keempat: Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Keputusan mengenai cuti bersama 2021 ini juga sebelumnya disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang PMK Muhadjir Effendy. Ada pemangkasan jumlah cuti bersama dan kesepakatan tersebut tertuang dalam surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri.

Baca Pula:  Tenaga Kesehatan di Bolmong Belum Terima Insentif

Soal pemangkasan cuti ini diputuskan dalam rapat koordinasi tingkat menteri terkati peninjauan SKB Cuti Bersama Tahun 2021 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan dihadiri oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekjen Kemenag Nizar Ali, Sekjen Kemnaker, Asops Kapolri, dan pejabat eselon 1 kementerian/lembaga terkait.

Baca Pula:  Ada 10 provinsi tak ada kasus positif corona hari ini

“Dalam surat keputusan bersama (SKB) sebelumnya, terdapat tujuh hari cuti bersama. Setelah dilakukan peninjauan kembali SKB, cuti bersama dikurangi dari semula tujuh hari menjadi hanya tinggal dua hari saja,” ujar Muhadjir Effendy dalam rapat koordinasi di kantor Kemenko PMK, Senin (22/2).

Adapun cuti bersama tahun 2021 yang dipangkas sebanyak 5 hari, yakni:
– 12 Maret: Cuti Bersama dalam rangka Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW,
– 17, 18, 19 Mei: Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah
– 27 Desember: Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Natal 2021.

Sementara cuti bersama yang tetap adalah:
– 12 Mei dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah
– 24 Desember dalam rangka Raya Natal 2021.

|Sumber: zonautara.com

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com