Sebaiknya Jangan Makan Berlebihan saat Sahur dan Buka Puasa

  • Share

PANTAU24.COM-Berpuasa selama lebih dari 12 jam bisa membuat seseorang makan berlebihan ketika waktu berbuka. Sebagian orang juga mungkin akan makan banyak sekaligus pada saat sahur agar memiliki bekal energi seharian.
Ternyata, makan banyak atau overeating saat berpuasa baik di waktu berbuka atau sahur punya efek negatif pada tubuh. Seperti dilansir Healthline, terlalu banyak makan dalam satu waktu bisa menyebabkan perut kembung, membebani sistem pencernaan, bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Manager of Nutrifood Research Center Felicia Kartawidjaja menambahkan, makan terlalu banyak ketika berpuasa justru bisa membuat Anda lapar lebih cepat. Tentunya hal tersebut harus Anda hindari ketika berpuasa.

Berikut beberapa tips agar Anda tidak makan berlebihan saat sahur dan buka puasa.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Pertama, Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Saat sahur dan berbuka, sebaiknya Anda mengonsumsi karbohidrat kompleks yang terdapat pada nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.

Makanan dengan karbohidrat kompleks dapat membantu Anda lebih cepat kenyang sehingga tidak makan berlebihan. Selain itu, konsumsi makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Fakta menarik dan bermanfaat

Makan makanan manis

Felicia menyarankan mengkonsumsi makanan manis saat berbuka puasa sehingga perut merasa kenyang. Tentunya makanan manis yang disarankan bukanlah makanan dengan pemanis buatan, melainkan buah-buahan seperti kurma, yang tinggi karbohidratnya.

Memakan 2-3 butir kurma saat berbuka sangat disarankan agar mendapatkan energi yang dibutuhkan dengan cepat. Memakan kurma juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih awal sehingga tidak makan berlebihan saat berbuka.

“Tetapi juga konsumsi air mineral, atau jus buah yang tidak mengandung pemanis tambahan saat berbuka puasa,” kata Felicia dalam webinar Nutritalk, Jumat (9/4).

Makan dengan perlahan

Makan dengan perlahan dapat menstimulasi tubuh merasa kenyang lebih cepat. Sebagaimana dilansir WebMD, mengunyah makanan perlahan akan membuat tubuh sadar bahwa Anda telah cukup makan. Makan terlalu cepat juga hanya akan membuat Anda mengonsumsi lebih banyak makanan dari yang seharusnya karena tubuh tak sempat menyadari makanan yang masuk ke perut.

“Biasanya orang buka puasa langsung makan banyak, padahal semestinya makan dengan perlahan agar tubuh terstimulasi rasa kenyang,” kata Felicia.

Hindari makanan asin atau pedas

Makanan terlalu asin atau pedas bisa membuat Anda lebih cepat merasa haus. Sebaiknya makanan ini dihindari saat berbuka puasa atau sahur agar Anda tak minum terlalu banyak air.

Minum terlalu banyak air bisa membuat perut kembung dan terasa tak nyaman. Selain itu, makanan yang terlalu asin atau pedas biasanya tinggi kadar garamnya sehingga tak baik untuk tubuh.(*)



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com