Punya Kista Rahim Seperti Aurel Hermansyah, Hindari Makanan Ini Supaya Tidak Semakin Parah

PANTAU24.COM-Sebelum memasuki hari bahagia pernikahan, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah justru mendapat kabar yang kurang mengenakkan. Kabar ini terkait dengan kondisi kesehatan rahim Aurel. Pasalnya, dokter menyebutkan bahwa Aurel mengidap kista di rahim.

Belum jelas jenis kista yang dimiliki anak dari Anang Hermansyah itu, namun dokter berharap bahwa kista tersebut adalah kista hormonal yang hilang setelah siklus menstruasi selesai.

“Kita harapkan dia kista hormonal. Makanya saya belum kasih obat. Kita mau cek kembali, kalau dia hormonal, kita harapkan ketika kita cek kembali setelah mens dia hilang,” ungkap sang dokter yang dikutip dari Grid.ID.

Meskipun tidak membahayakan, dokter mengungkapkan bahwa kista tersebut bisa menjadi penghambat untuk pelepasan sel telur. Apalagi mengingat bahwa salah satu impian Aurel dan Atta setelah menikah adalah memiliki anak kembar.

“Kistanya mesti kita benahi dulu. Bukan bahaya, dia akan menghambat pelepasan sel telur. Apalagi kalau misalnya mau kembar,” ujar sang dokter yang dikutip dari tayangan kanal Youtube The Hermansyah A6.

Fakta menarik dan bermanfaat

Diketahui, kista adalah kantung berisi cairan yang merupakan hasil pembengkakan jaringan tubuh. Selama ini, kebanyakan orang hanya mengenal kista di rahim padahal sebenarnya kista bisa muncul di bagian tubuh manapun. Kista yang berada di rahim pun umumnya tanpa gejala dan bisa hilang dalam hitungan bulan dengan sendirinya.

Baca Pula:  Aurel Hermansyah Difonis Punya Kista di Rahim

Namun, ada beberapa jenis kista yang justru dapat menimbulkan komplikasi yang cukup serius. Beberapa penyebab kista yang muncul di rahim di antaranya adalah:

  1. Faktor hormonal

Kista yang disebabkan oleh perubahan hormon tubuh dan menjadi bagian dari siklus menstruasi disebut sebagai kista fungsional. Biasanya jenis kista ini tidak berbahaya, jarang menimbulkan sakit, dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam tiga siklus menstruasi.

  1. Efek samping obat terapi kesuburan

Penggunaan obat-obat tertentu seperti obat yang dimaksudkan untuk menyuburkan dan membantu wanita berovulasi bisa menjadi pemicu adanya kista di rahim.

  1. Endometriosis

Endometriosis adalah munculnya jaringan selaput lendir rahim di luar rongga rahim dan uterus. Wanita yang mempunyai kondisi endometriosis rentan mengalami kista di indung telurnya yang membuat menstruasi dan berhubungan intim terasa menyakitkan.

  1. Kehamilan
Baca Pula:  Aurel Hermansyah Difonis Punya Kista di Rahim

Kadang-kadang kista muncul saat wanita berovulasi dan tetap berada di indung telur selama masa kehamilan. Pada beberapa kasus, kista yang menetap ini perlu dioperasi.

  1. Infeksi panggul

Satu gejala awal adanya kista adalah sakit atau nyeri pada panggul karena adanya infeksi. Infeksi panggul ini dapat menyebar ke indung telur sampai ke tuba falopi yang akhirnya menyebabkan kista.

Nah, jika kamu adalah salah satu yang memiliki kista di rahim, ada baiknya kamu menghindari jenis makanan tertentu untuk mencegah perkembangan kista.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, diet nabati, diet makanan mentah, terapi herbal, sampai cuka apel bisa jadi obat kista ovarium secara alami. Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa sayuran hijau dapat melindungi tubuh dari bahayanya kista ovarium.

Pada penderita PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome yang memiliki banyak kista kecil di rahim, menghindari makan berlebihan dan berlemak bisa menjadi cara untuk mengendalikan penyakit tersebut. Mengutamakan makanan yang banyak serat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayur juga sangat direkomendasikan untuk penderita PCOS.(*)

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com