Tidak Semua Polsek Bisa Lakukan Penyidikan, Ini Daftarnya di Sulut

  • Share
Polsek Sangtombolang
Polsek Sangtombolang

PANTAU24.COM-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menerbitkan daftar Kepolisian Sektor (Polsek) di seluruh Indonesia yang tidak bisa lagi melakukan penyidikan. Ada sebanyak 1.062 Polsek dalam daftar itu.

Daftar itu menjadi lampiran Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan).

Keputusan ini adalah tindak lanjut program prioritas Jenderal Sigit yang disampaikan pada Commander Wish.

Keputusan ini dibuat setelah memperhatikan usulan dari polda-polda perihal penunjukan polsek yang hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban serta tidak melakukan penyidikan. Ini juga merupakan program prioritas Kapolda pada bidang transformasi serta kegiatan penguatan polsek dan polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri.

Baca Pula:  Libur Lebaran 2021, ASN Dilarang Mudik

“Polsek yang tidak melakukan penyidikan dalam hal kewenangan dan pelaksanaan tugasnya memedomani Surat Kapolri Nomor B/1092/II/REN.1.3/2021 tanggal 17 Februari 2021 perihal direktif Kapolri tentang kewenangan polsek tertentu,” tulis Sigit.

Fakta menarik dan bermanfaat

Keputusan ini diteken Jenderal Sigit pada 23 Maret 2021. Keputusan ini juga diikuti lampiran berupa daftar nama 1.062 polsek yang tidak melakukan penyidikan. Dalam daftar itu terdapat 26 Polsek dibawah Polda Sulawesi Utara yang tidak bisa melakukan penyidikan.

Baca Pula:  Update Corona, Kamis 17 September Bertambah 3.635 Kasus Baru

Ada sejumlah kriteria atau alasan sebuah polsek tidak melakukan penyidikan. Ada yang karena jarak tempuhnya dekat dengan polres, ada pula yang karena hanya menerima sedikit laporan polisi dalam setahun.

Berikut daftar 26 Polsek di Polda Sulut yang tidak bisa melakukan penyidikan:



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com