62 ASN Bolmut Ikut Workshop Teknis Penyusunan LKIP dan PMPRB

BOLMUT, PANTAU24.COM-Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengikut Workshop teknis penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB).

Kegitan yang dipusatkan di gedung Boroko Convention Centre (BCC), Desa Boroko, Kecamatan Kaidipang, Rabu 24 Maret 2021 itu secara resmi dibuka oleh Asisten I Bidang adiministrasi umum Setda Bolmut, Rahmat Ravid Pontoh mewakili Bupati Bolmut, Depri Pontoh.

Dalam sambutannya, Rahmat mengatakan menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini kata dia, merupakan wujud nyata untuk terus menunjukan perhatian serius dan konsistensi dalam upaya pemantapan gerakan kinerja pemerintah daerah serta memberikan manfaat nyata dalam optimalisasi tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan.

Baca Pula:  Tahun ini, Pemkab Bolmut Usulkan 328 Guru PPPK

Hal ini lanjutnya, sebagaimana instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang akuntabilitas kinerja intansi pemerintah yang mewajibkan kepada setiap instansi pemerintah sebagai unsur penyelenggaran pemerintahan negara untuk mempertanggungjawabkan tugas pokok, fungsi serta kewenangan pengelolaan sumber daya.

“Oleh sebab itu, sistem akuntabilitas kinerja mensyaratkan para pimpinan instansi untuk mampu mempertanggu jawabkan pelaksanaan tugasnya berdasarakan manfaat yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan bukan hanya urai-urai anggaran yang dialokasikan,” ujar Rahmat mewakili Bupati.

Fakta menarik dan bermanfaat

Sementara itu, Kepala bagian (Kabag) Organisasi tatalaksana (Ortal), Atry Duran menjelakan kegiatan Workshop ini bermaksud untuk memberikan petunjuk dan penjelasan secara rinci

kepada pengelola program dan perencanaan masing masing OPD tentang penyusunan (LKIP) dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB).

Baca Pula:  Sistem PKKPK Butuh Penguatan Secara Terkoordinasi dan Terintergrasi

Sedangkan tujuannya, kata dia, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan aparat pengelola program dan perencanaan kegiatan di masing-masing OPD. “Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari. Dimulai hari ini dan berkahir besok,” katanya.

Adapun jumlah peserta dalam workshop ini lanjut Atry, sebanyak 62 ASN di lingkup Pemkab Bolmut yaitu kepala sub bagian (kasubag) program dan pelaporan se kabupaten bolmut.

Menurut Atry, dalam kegiatan ini, pihaknya menghadirkan pemateri dari Biro organisasi Setda Provinsi Sulut yakni Kepala Bagian RB dan akuntabilitas organisasi. “Pematerinya adalah ibu Vonny S. Sumenge SH,MH,” pungkasnya.

Penulis: Rinto Binolombangan

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com