Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara, Komisi III DPRD Gorut Puji Pemkab Bolmut

BOLMUT, PANTAU 24.COM-Prestasi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang meraih penghargaan Swasti Saba Wistara tingkat 1 di level Nasional mendapat pujian dari Komis III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Hal itu terungkap saat Komisi III DPRD Gorut berkunjung ke Dinas kesehatan (Dinkes) Bolmut, Rabu 10 Maret 2021. Kunjungan tersebut disambut oleh Sekretaris Dinkes Bolmut bersama jajaran dihadiri Komisi I DPRD Bolmut.

Dalam kesemptan itu, Ketua Komisi III DPRD Gorut, Ariaty Polapa menyampaikan pujian atas keberhasilan Bolmut meraih prestasi tertinggi dalam lomba Kabupaten/ kota sehat tingkat Nasional.

“Bolmut luar biasa, saya kagum dengan prestasi yang didapat. Ini yang memotivasi kami datang berkunjung ke Bolmut,” ucap Ariaty disela-sela pertemuan.

Ariaty kemudian menjelaskan bahwa Kabupaten Bolmut dan Gorut sama-sama dimekarkan pada 2017, tapi dalam perjalanannya, Bolmut mengalami lompatan luar biasa dalam perolehan prestasi terutama lomba Kabupaten Sehat.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bolmut Dikukuhkan

“Bolmut dan Gorut, mekar di tahun yang sama, tapi dalam pengelolaan Kabupaten sehat, Bolmut luar biasa. Kami  mengakui itu,” kata Ariaty.

Politisi PDIP Kabupaten Gorut ini menyampaikan apa yang didapat pihaknya dalam kunjungan kerja ini menjadi catatan yang nantinya akan ditindak lanjuti Komisi III  kepada pihak-pihak terkait di Gorut.

“Kami akan sampaikan hal ini ke pihak-pihak di sana (Gorut). Tentu sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenang yang dimiliki oleh DPRD Gorut,” ujarnya.

Ariaty Polapa juga menyampaikan terima kasih kepada Dinkes dan Komisi I DPRD Bolmut yang telah menyambut kunjungan kerja ini.

“Terima kasih sudah menyambut kami dengan penuh kekeluargaan. Kami berharap hubungan yang baik ini dapat terjalin dan berlang dengan baik,” pungkasnya.

Baca Pula:  Ini Rincian Sebaran 18 Kasus Positif Corona di Bolmut

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Bolmut, Kalsum Manjurungi mengatakan, kunjungan Komisi III DPRD Gorut itu dalam rangka studi komparasi keberhasilan Kabupaten Bolmut dalam lomba kegiatan Kabupaten/Kota Sehat tingkat Nasional.

“Mereka datang ke kita untuk mengetahui keberhasil Bolmut meraih penghargaan Kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wistara I tingkat nasional,” ucap Kalsum.

Dalam pertemuan tersebut kata Kalsum, pihaknya memaparkan konsep, progran dan kebijakan yang dilakukan oleh Pemkab Bolmut sehingga mampu meraih penghargaan tersebut.

“Mereka sangat mencermati bahkan mencatat apa yang kita presentasikan,” katanya.

Selain itu, Kalsum juga mengapresiasi kunjungan tersebut.

“Terima kasi kepada DPRD Gorut yang sudah memilih Bolmut sebagai daerah tujuan untuk studi komprasi Kabupaten sehat,” kuncinya.

Penulis: Rinto Binolombangan

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com