Dinkes Bolmut Optimis Pertahankan Predikat Swasti Saba Wistara

  • Share
Rakor Dinkes Bolmut bersama Komisi I DPRD Bolmut.

BOLMUT, PANTAU24.COM-Tahun ini, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali akan dinilai oleh pemerintah pusat dalam lomba Kabupaten-kota sehat tingkat Nasional  tahun 2021.

Sebagai persiapan tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menggelar rapat koordinasi dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmut.

Rakor itu berlangsung di ruangan Komis I DPRD Bolmut, Selasa 23 Februari 2021.

Kepala Dinkes Bolmut, Jusnan Mokoginta menyampaikan,rakor tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi lintas sektoral guna persiapan Kabupaten Bolmut dalam mempertahankan predikat Kabupaten-Kota Sehat (KKS) kategori Swasti Saba Wistara. 

Kata Jusnan, sebagai daerah peraih predikat Kabupaten sehat katagori Swasti Saba Wistara tahun 2019, maka sudah sepatutnya semua stakeholder bergandengan tangan dan bersinergi mempertahankan predikat bergengsi ini.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Tahun ini, Pemkab Bolmut Usulkan 328 Guru PPPK

“Sehingga itu, rakor ini dipandang penting untuk dilaksanakan,” ucap Jusnan,melalui sambungan telepon.

Menurut Jusnan, dalam rakor tersebut, pihak Komisi I sangat mendukung upaya pemerintah untuk mempertahankan predikat kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wistara.

Bahkan kata Jusnan, Komisi I juga akan berpartisipasi dan melibatkan diri dalam mempertahan predikat ini.

“Mereka (Komisi I) juga optimis bahwa kami mampu mempertahankan predikat ini,” kata dia.

Jusnan menjelaskan, dalam lomba kabupaten-kota sehat ini, ada 6 tatanan yang dinilai dalam mendapatkan penghargaan ini. Diantaranya,  tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalulintas, kawasan industri, kawasan pariwisata, ketahanan pangan dan gizi serta tatanan kehidupan yang sehat dan mandiri. 

Baca Pula:  Pemkab Bolmut Susun Aksi Penanggulangan Stunting Tahun 2022

“Enam tatanan ini akan dinilai oleh tim penilai dari pemerintah pusat,diantaranya Kemenkes,Kemendagri dan Bappenas,” ujarnya.

Jusnan mengungkapkan bahwa, lomba KKS ini digelar setiap dua tahun sekali.

“Dan ini keempat kalinya Kabupaten Bolmut. Intinya kami Komitmen mempertahankan  predikat Swasti Saba Wistara ini,” pungkasnya.

Selain itu, Jusnan juga membeberkan bahwa pada tahun 2015 Kabupaten Bolmut meraih penghargaan Kabupaten sehat tingkat nasional kategori Swasti Saba padapa. Tahun 2017 meraih Swasti Saba wiwerda. Dan tahun 2019 meraih predikat Swasti Saba Wistara. 

Diketahui, Predikat Swasti Saba Wistara merupakan pernghargaan tertinggi dalam lomba Kabupaten- Kota sehat (KKS) tingkat nasional.

Penulis: Rinto Binolombangan



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com