50 ASN Bolsel Ikut Coaching Clinic SIPD

Bupati Iskandar Kamaru buka Coaching Clinic SIPD

BOLSEL, PANTAU24.COM-Sebanyak 50 Aparatir Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mengikuti kegiatan Coaching Clinic Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Kegiatan Coahing Clinic SIPD ini dibuka secara resmi Bupati Bolsel Iskandar Kamaru didampingi Sekda Marzanzius Arvan Ohy di Hotel Aston Manado, Selasa 16 Februari 2021.

Bupati dalam sambutannya menegaskan kegiatan coaching clinic SIPD ini merupakan upaya serius pemerintah daerah dalam  mengimplementasikan dan menyesuaikan dengan regulasi yang ada, yakni  Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang SIPD.

Menurut Iskandar, seluruh daerah pada tahun ini sudah menggunakan aplikasi SIPD baik perencanaan maupun pengelolaan keuangan daerah.

Aaplikasi SIPD ini memuat menu e-Database SIPD, Perencanaan Pembangunan SIPD dan Dasboard Profil SIPD yang didalamnya memuat  informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah dan informasi lainnya.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Seperti LPPD, EPPD dan Produk hukum daerah,” ucap Bupati.

Untuk itu Bupati berharap kedepan, dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas data dan informasi daerah.

“Karena data yang valid akan sangat mempengaruhi proses perencanaan dalam rangka mewujudkan visi Bupati yaitu terwujudnya kabupaten Bolsel bersatu, berdaulat, mandiri, sejahtera dan berkepribadian dengan semangat gotong royong berdasarkan Pancasila,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappelitbang Bolsel, Harifin Matulu menyampaikan kegiatan coahing clinic SIPD ini diikuti oleh 50 orang dari utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkan Bolsel.

“Mereka adalah kasubag  program. Dalam kegiatan ini para peserta menerima materi tentang penyusunan perencanaan untuk tahun 2022,” kata Harifin.

Kegiatan yang menghadirkan pemateri dari pengelola keuangan Sub bidang operasinalisasi dan monitoring evaluasi pusat data informasi (Pusdatin) Sekertariat Jenderal kemendagri, Girisena Ergasera serta penyusun bahan kebijakan Ditjen Bina Bangda Kemedagri, Hanz Budi Setiawan itu turut dihadiri Sekda Marzanzius Arvan Ohy, pimpinan perangkat daerah beserta admin SIPD.

Penulis: Rinto Binolombangan

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com