/

Pemkab Bolmong Siapkan Regulasi Pemberian Beasiswa dari Dana Desa

BOLMONG, PANTAU24.COM-Sektor pendidikan menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong). Berbagai upaya terus dilakukan guna menggenjot peningkatan pelayanan untuk dinia pendidikan. Salah satunya adalah mendorong pemberian beasiswa lewat dana desa (dandes).

Terinformasi, saat ini pemkab bolmong sementara menyiapkan regulasinya, agar setiap desa bisa menganggarkan biaya pendidikan lewat dandes.

Menurut Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, langkah itu dilakukan, agar ketersediaan sumber daya manusia (SDM) di Bolmong benar-benar siap.

“Ini akan kita rapatkan untuk menerbitkan Perbup agar disetiap desa wajib memberikan beasiswa minial dua orang mahasiswa,” kata Bupati, dalam sambutannya belum lama ini.

Baca Pula:  Kasus Covid-19 di Bolmong Mencapai 258, Sementara Dirawat 63 Orang

Pemberian beasiswa di setiap desa, agar anak-anak kita yang punya potensi serta kemampuan yang tinggi serta karakter untuk diberikan beasiswa masuk Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK).

Fakta menarik dan bermanfaat

“Satu desa dua orang lebih bagus lima orang. Tapi minimal dua orang,” ujar Bupati.

Yasti menyebutkan, Bolmong memiliki 200 desa dan 2 Kelurahan. Jika setiap tahun ada 2 anak berarti ada 404 mahasiswa yang dibiayai oleh desa. Belum lagi yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Bolmong.

“Inilah kenapa saya berharap betul UDK akan mampu meningkatkan kualitas untuk menjadikan anak-anak kita generasi muda kita mempunyai kompetensi karakter inovasi untuk bisa bersaing menjawab tantangan ke depan,” jelasnya.

Baca Pula:  Astaga! 113 Warga Kombot Belum Terima BLT-DD Periode November-Desember 2020

Bupat juga menegaskan, telah meminta investor di Bolmong harus memberikan CSR kepada anak-anak daerah untuk bisa memperoleh pendidikan di perguruan tinggi secara gratis.

“Tentunya saya tahu, sampai hari ini UDK belum mempunyai gedung yang respresentatif. Dan ini adalah tantangan saya. Sebagai pembina UDK kita harus mencari lahan yang cukup luas untuk kita bisa membangun fasilitas sarana dan prasarana pendidikan untuk UDK. Saya berharap betul membesarkan UDK demi pengabdian kita kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com