Connect with us

PERISTIWA

Kivlan Dituduh Memerintahkan Tembak Para Tokoh Nasional

Terungkap dari pengakuan para tersangka.

Published

on

Kivlan Zen / Foto: CNN

PANTAU24.com – Para tersangka kerusuhan 22 Mei 2019 lalu mengungkapkan fakta siapa yang menyuruh mereka untuk menembak para tokoh nasional.

Hal itu disampaikan kepolisian saat menggelar jumpa pers terkait perkembangan rusuh 22 Mei, pada Selasa (11/6/2019) di Jakarta, tadi siang.

Saat jumpa pers, polisi memutarkan rekaman pengakuan tiga eksekutor. Mereka adalah HK alias Iwan, IR alias Irfansyah dan TJ.

Ketiganya mendapat tugas membunuh atau mencari orang yang bisa membunuh tokoh nasional antara lain Menteri Polhukam Wiranto, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Staf Khusus Presiden Jokowi bidang Intelijen Gories Mere, dan Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Satu target lain yang diburu adalah Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya.

Fakta menarik dan bermanfaat

HK adalah tersangka pertama yang pengakuannya ditayangkan. HK yang berdomisili di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, mengaku mendapat perintah dari Kivlan Zen mencari eksekutor membunuh Wiranto dan Luhut Pandjaitan.

Rencana pembunuhan ini bermula dari pertemuan HK dengan Kivlan di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada bulan Maret 2019. Dalam pertemuan HK mengaku diberi uang oleh Kivlan sebesar Rp150 juta untuk membeli dua senjata laras pendek dan dua senjata laras panjang.

“Uang tersebut Rp150 juta dalam bentuk dolar Singapura langsung saya tukar di money changer,” ujar HK.

Baca Pula:  Lagi, Tujuh Keluarga Nakes yang Gugur karena Covid-19 Terima Santunan

Sebelum melaksanakan aksinya, HK lebih dulu ditangkap polisi. Dia ditangkap pada 21 Mei pukul 13.00 WIB terkait ujaran kebencian, kepemilikan senpi, dan keterkaitannya dengan Kivlan Zen.

HK saat ditangkap kedapatan membawa satu pucuk senjata jenis revolver kaliber 38 magnum dan amunisinya. Dalam tayangan video HK menyebut Kivlan sebagai senior yang dia hormati dan banggakan.

“Yang saya bawa memang untuk ke lokasi demo, tujuan saya untuk apabila menemukan massa tandingan dan membahayakan anak buah saya, maka saya akan bertanggungjawab, untuk mengamankan seluruh anak buah saya,” ujar HK.

HK mengatakan senjata yang dimiliki didapat dari seorang ibu yang masih termasuk keluarga besar TNI. Senjata itu berhasil dia dapatkan dengan menjaminkan uang Rp50 juta.

“Sedangkan senjata mayer kaliber 22 dan ladies gun kaliber 22 saya dapat dari saudara Adnil. Yang mayer saya percayakan kepada saudara Armi, pengawal, ajudan, bapak Kivlan Zen dan satu lagi ladies gun saya percayakan kepada saudara Udin,” kata HK.

“Sesuai TO yang diberikan Pak Kivkan Zen, yaitu Pak Wiranto dan Pak Luhut,” ujarnya menambahkan.

Eksekutor lain, IR alias Irwansyah mengaku dihubungi Armi dua hari setelah pencoblosan untuk bertemu Kivlan Zen di Masjid Pondok Indah. Keesokan hari dia mengajak Yusuf bertemu Kivlan di Masjid Pondok Indah.

Baca Pula:  Gunung Keramat Bubungon, Lokasi Kerajaan Bolmong Pertama Kali Berdiri Kini Tak Terawat

“Kami berangkat pukul 13.00 WIB keesokan harinya pakai mobil Ertiga,” kata IR.

Setelah menunggu beberapa saat IR pun bertemu Kivlan. Dia melakukan pembicaraan empat mata di dalam mobil Kivlan. Di sana IR menyebutkan bahwa Kivlan mengeluarkan ponselnya lalu menunjukkan alamat dan foto Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.

Kivlan disebut IR meminta dirinya mengintai kediaman Yunarto tersebut. “Lalu beliau bilang ‘saya kasih uang operasional Rp5 juta cukuplah untuk bensin, makan, dan uang kendaraan lalu saya jawab siap. Beliau bilang lagi ‘kalau ada yang bisa eksekusi saya jamin anak istrinya dan liburan kemanapun’,” kata IR.

IR mengaku sudah dua kali mengintai kediaman Yunarto. Dia mendatangi rumah Yunarto bersama Yusuf menggunakan mobil Ertiga, lalu mengambil gambar aktivitas di sana.

Tersangka TJ juga ditayangkan polisi. Dalam tayangan TJ mengaku mendapat perintah dari Kivlan Zen dan HK untuk menjadi eksekutor terhadap Luhut, Budi Gunawan, Wiranto, dan Gories Mere.

“Saya diberikan uang tunai total Rp55 juta dari pak Kivlan Zen lewat HK, kemudian rencana penembakan menggunakan senjata laras panjang kaliber amunisi 22 dan senjata pendek. Senjata saya dapat dari HK,” ujar TJ.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply