Ganjar Pranowo-Mahfud MD Resmi Mendaftar ke KPU

  • Share

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Kamis (19/10) siang. Pasangan tersebut diusung oleh gabungan sejumlah partai politik, yaitu PDI-Perjuangan, PPP, Partai Hanura dan Perindo.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan para petinggi parpol koalisi lainnya tampak mendampingi pasangan tersebut. Ganjar dan Mahfud resmi menyerahkan berbagai dokumen yang dibutuhkan dan kemudian dinyatakan lengkap oleh KPU.

Usai mendaftar, Ganjar bersama Mahfud memaparkan secara umum visi, misi serta program mereka. Ia menyatakan ingin membangun Indonesia dengan cepat. Ganjar memastikan pembangunan dan program yang dijalankan pemerintahan kali ini akan diteruskan bila kelak dirinya dan Mahfud memenangkan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini.

Fakta menarik dan bermanfaat

Calon presiden Ganjar Pranowo (kiri) dan calon wakil presiden Mahfud MD (kanan) menyerahkan visi dan misi mereka kepada Ketua KPU Hasyim Asyari (tengah) pada Kamis (19/10) di Jakarta. (VOA/Indra Yoga)

“Yang kurang baik kita perbaiki, dan tidak baik kita tinggal. Dan tentu saja ada banyak isu, mulai dari transisi energi, hilirasi yang musti kita selaraskan , dan kemudian ada problem politik pangan yang musti kita pegang kedaruratannya. Tapi di ujung sana ada fakir miskin, anak terlantar, dan mereka harus punya akses lebih banyak untuk dilakukan. Dan pemerintah yang bersih dengan digitalisasi kita lakukan untuk mencegah korupsi jadi poin penting,” ungkap Ganjar.

Ganjar pun membocorkan sedikit strateginya guna memenangkan Pilpres. Salah satunya adalah mengajak generasi muda untuk bergabung bersama dirinya dan Mahfud guna meraup suara-suara kawula muda tersebut.

“Strategi kampanye tidak pernah saya sampaikan di sini. Tapi kita sudah menyiapkan anak-anak muda untuk bergabung, saya mengajak mereka, saya melamar mereka untuk terlibat, ternyata mereka komunitas yang sangat hebat, anak-anak yang sangat cerdas, tentu saja mereka ingin mengambil peran , berkontribusi karena dia mewakili kelompoknya, ada yang milenial, gen Z, dan komunitas termasuk penyandang disabilitas, kelompok perempuan, mereka ingin semuanya terlibat, “ terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, cawapres Mahfud MD pun bercerita terkait baju yang dipakainya hari ini. Baju berupa kemeja putih tersebut ternyata adalah baju yang disiapkannya lima tahun untuk mengikuti kontestasi Pilpres, tetapi tidak jadi digunakan pada saat itu.

“Baju yang saya pakai ini baju putih ini, ini baju yang pada lima tahun lalu saya siapkan untuk dipakai mendaftar ke KPU, tapi tidak jadi. Akhirnya baju ini saya titipkan ke Ibu saya di Madura, dan ketika saya mendapat pesan bahwa kemungkinan besar saya akan dibawa dalam pencapresan melalui koalisi PDIP, PPP, Partai Hanura dan Perindo tanggal 16 kemarin, saya sowan ke Ibu untuk mengambil yang tidak jadi dipakai ke KPU lima tahun lalu. Sekarang saya pakai ke KPU pada hari ini. Dan ternyata masih muat. Badan saya masih sama seperti dulu, “ kata Mahfud.

Pada kesempatan yang sama, Megawati Soekarnoputri juga meminta restu dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia untuk mendukung pasangan tersebut. Ia mengatakan bahwa keduanya merupakan figur pemimpin yang tepat untuk membawa Indonesia lebih baik ke depan.

Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan dokumen persyaratan calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD kepada Ketua KPU Hasyim Asyari ada Kamis (19/10) di Jakarta. (VOA/Indra Yoga)

Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan dokumen persyaratan calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD kepada Ketua KPU Hasyim Asyari ada Kamis (19/10) di Jakarta. (VOA/Indra Yoga)

“Kami mohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia terhadap pasangan Ganjar-Mahfud. Keduanya menggelorakan harapan baru bagi rakyat Indonesia. Keduanya akan mempercepat kemakmuran dan daya unggul bangsa. Keduanya telah satu komitmen dalam menegakkan keadilan. Ganjar dan Mahfud dikenal jujur , bersih, berpengalaman lengkap dengan kualitas kepemimpinan yang mumpuni. Kepada mereka berdua harapan baru Indonesia raya diletakkan dan supaya nyata,” ungkap Mega.

Ia pun berharap KPU dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga tercipta pemilihan umum (pemilu) yang berjalan dengan lancar.

“Kami berharap agar pemilu benar-benar dapat dilaksanakan dengan lebih demokratis, jujur, adil, langsung , umum bebas dan rahasia serta menempatkan rakyat sebagai pemenang kedaulatan tertinggi di dalam menentukan pemimpin nasionalnya secara bebas dan merdeka,” tegas Mega.

Ketua KPU Hasyim Asyari memaparkan bahwa dokumen yang diserahkan baik oleh Anies-Muhaimin maupun oleh Ganjar-Mahfud sudah lengkap. Selanjutnya pihak KPU akan melakukan verifikasi pada dokumen tersebut. Kedua pasangan capres dan cawapres tersebut dijadwalkan akan melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto yakni Anies-Muhaimin pada Sabtu (21/10) dan Ganjar-Mahfud pada Minggu (22/10). [gi/ah]

Sumber: VOA

  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com