Connect with us

Bolmong

Pj Bupati Bolmong Dampingi Gubernur Sulut Resmikan Pengisian Awal Bendungan Lolak

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Bendungan Lolak, yang terletak di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai beroperasi.

Hal itu ditandai dengan pengisian air oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Jumat 18 Agustus 2023. Prosesi pengisian awal bendungan tersebut ditandai dengan menekan sirine oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, didampingi Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Limi Mokodompit, bersama Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling dan jajaran Forkopimda serta pimpinan OPD Pemkab Bolmong.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang mendukung penuh pembangunan waduk Lolak.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah membangun proyek strategis nasional di daerah ini yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Baca Pula:  Pj Bupati Bolmong Canangkan BBGRM Ke-XX Tahun 2023

Menurut Olly, bendungan itu multi fungsi bagi warga. Selain dapat mengisi air irigasi kurang lebih 2.214 hektare lahan sawah, waduk itu juga pengendali banjir.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Juga penyediaan air baku 500 liter perdetik,” katanya.

Menurut Olly Dondokambey, beroperasinya waduk tersebut sangat pas di tengah cuaca panas menyengat. Bolmong, sebut dia, adalah wilayah panas di Sulut.

“Kita bersyukur pada saat musim panas bendungan ini bisa kita resmikan dan bisa mengisi airnya. Ini menjadi berkat bagi kita terutama air bisa kita manfaatkan dengan baik,” kata Gubernur.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM berharap adanya dukungan masyarakat dan semua pihak untuk beroperasinya bendungan Lolak.

Bendungan Lolak ini kata Limi, cukup besar anggarannya. Triliunan rupiah yang digelontorkan oleh pemerintah pusat lewat program pembangunan proyek strategis nasional dari presiden RI Joko Widodo.

Baca Pula:  Pj Bupati Bolmong Sambut Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Sulut di Doloduo Dua

“Kita sangat beruntung sebab sungguh banyak manfaat seperti mengairi irigasi persawahan masyarakat dan juga akan menjadi tempat wisata. Bahkan, ini akan menjadi icon baru di Lolak sebagai ibu kota bolmong,” kata Bupati.

Lanjutnya, ada banyak daerah yang ingin mendapatkan program pembangunan untuk bendungan. Tapi Bolmong sangat beruntung atas perjuangan dari Gubernur Sulut kita Olly Dondokambey, sehingga Bolmong dapat proyek pembangunan bendungan Lolak.

“Hari ini sudah mulai diisi air bendungan. Mari kita jaga dan dukung agar dapat mengairi pertanian masyarakatnya baik sawah, dan di bidang perikanan kedepannya,” tutupnya.