Connect with us

Bolmut

Sosalisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD, Fadly Usup: Tanamkan Karakter Sejak Dini

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui dinas pendidikan Bolmut bidang pendidikan PAUD dan pendidikan masyarakat menggelar sosialisasi gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, survei belajar dan peningkatan manajerial pimpinan taman kanak-kanak se Kabupaten Bolmut.

Published

on

BOLMUT,PANTAU24.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui dinas pendidikan Bolmut bidang pendidikan PAUD dan pendidikan masyarakat menggelar sosialisasi gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, survei belajar dan peningkatan manajerial pimpinan taman kanak-kanak se Kabupaten Bolmut.

Kegiatan sendiri dilaksanakan di Randy Grand Palace desa Langi, Rabu 9 Agustus 2023.

Kepala dinas pendidikan dan Kebudayan Bolmut Fadly Usup dalam pemaparan materinya terkait kebijakan implementasi kurikulum merdeka mengatakan pelaksanaan kurikulum merdeka diberlakukan secara bertahap.

Dimana salah satu kebijakan pada kurikulum merdeka adalah transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Hal ini bertujuan agar anak merasa senang dalam belajar dan anak percaya dirinya pasti bisa asalkan mau berusaha, sehingga anak mampu menjadi diri sendiri dan berkembang sesuai dengan tahapan yang optimal,”kata Fadly.

Menurut Fadly, kegiatan sosialiasi ini sangat penting. Disini sangatlah penting peran pendidik membuat anak-anak PAUD senang dan tidak tertekan.

“Sehingga anak-anak PAUD bisa mengeluarkan minat bakat mereka. Sejak dini sudah mengetahui bakat mereka,”ujar Kadis.

Selain itu kata Usup pembentukan karakter anak-anak sejak dini sudah ditanamkan. sehingga kunci suksesnya ada pada bunda Paud.

Sebelumnya, Bupati Bolmut Depri Pontoh diwakili asisten bidang pemerintahan pemkab Bolmut Rachmat Pontoh mengatakan pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaran pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi telah meluncurkan program merdeka belajar episode 24 yang dikenal dengan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Gerakan ini merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam menyikapi banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya ke jenjang SD kelas 1 tanpa mengikuti pendidikan anak usia dini. Atau situasi dimana pada masa PAUD anak-anak sudah difokuskan untuk memiliki kemampuan baca, tulis, hitung (Calistung),”ujar Pontoh.

Ia menambahkan sehingga kondisi ini menyebabkan anak-anak tidak lagi menikmati proses belajar atau kurang memiliki kemampuan dasar saat anak langsung masuk ke jenjang dasar.

Sehingga kata Pontoh, gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan harus terus disosialisikan kepada seluruh pelaku pendidikan anak usia dini dilingkup pemkab Bolmut dimana menuju target perubahan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan yaitu.