Connect with us

Bolmong

LKPJ Bupati Bolmong Tahun 2022 Mulai Dibahas, Pansus DPRD Panggil Mitra Kerja dari Eksekutif

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pj Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokoagow resmi menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2022 kepada DPRD Bolmong.

Penyampaian LKPJ digelar lewat rapat paripurna DPRD yang dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling, Selasa, 11 April 2023. Turut didampingi Wakil Ketua DPRD Bolmong, Sukron Mamonto dan Sulhan Manggabarani serta dihadir segenap anggota DPRD, jajaran pemerintah kabupaten serta tamu dan undangan lainnya.

Dengan disampaikannya LKPJ Bupati tahun 2022, maka lewat paripurna itu juga, DPRD Bolmong langsung membentuk panitia khusus (Pansus). Menurut Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling, untuk pembahasan terhadap LKPJ Bupati, maka akan disesuaikan dengan mekanisme internal dewan, dalam hal ini tata tertib DPRD.

“Pansus ini dibentuk dalam rapat paripurna DPRD atas usul anggota, setelah mendengar pertimbangan badan musyawarah,” kata Welty.

Baca Pula:  Bahas Ganti Rugi Lahan Transmigrasi, DPRD Bolmong Kunjungi Kemendes PDTT

Sesuai keputusan rapat, ditetapkan Supadri Damogalad selaku ketua Pansus, dan Fabrianto Tangahu sebagai wakil ketua. Sementara anggota terdiri dari, Wolter Barakati, Gita Tuuk, Masri Dg Masenge, Sulhan Manggabarani, Dias Potabuga, Mohammad Syahrudin Mokoagow, dan Harianti Kyai Mastari.

Fakta menarik dan bermanfaat

Ketua DPRD, Welty Komaling mengingatkan kepada pansus yang terbentuk, untuk dapat bekerja dengan memaksimalkan waktu yang ada, paling lambat 30 hari kedepan, sudah harus menetapkan point-point rekomendasi yang akan dituangkan dalam surat keputusan dewan.

“Itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 pasal 23 ayat (4) keputusan DPRD (rekomendasi) disampaikan paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah laporan keterangan pertanggungjawaban diterima,” pungkasnya.

Atas dasar tersebut, pansus yang terbentuk langsung action. Pada Rabu, 12 April 2023, pansus mulai memanggil satu persatu perangkat daerah untuk mengikuti pembahasan bersama terkait LKPJ Bupati.

Baca Pula:  Komisi I DPRD Bolmong Gelar RDP Bersama Disdukcapil Bahas Soal Pelayanan Data dan Kependudukan

Di hari pertama itu, pansus menghadirkan Dinas Sosial, Dinas Priwisata, Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Dukcapil, BKKBD, Kesbangpol, Dinas Koperasi, dan Sekretariat Dewan.

“Kita akan pacu pembahasan ini bersama instansi terkait, dan diupayakan bisa selesai tepat waktu,” kata Ketua Pansus, Supandri Damogalad.

Terpantau, salah satu yang menjadi perhatian Pansus di hari pertama itu, adalah soal anggaran pada pelaksanaan Porprov XI yang dilaksanakan di Bolmong, selaku tuan rumah. (Advertorial)