Connect with us

Bitung

Torehkan Penghargaan UHC 2023, 95 Persen Masyarakat Kota Bitung Tercover BPJS Kesehatan

Published

on

BITUNG, PANTAU24.COM– Pemerintah Kota Bitung mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023 atas pelayanan mutu kesehatan yang konsisten diberikan kepada masyarakat.

Penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah yang telah menunjukkan kerja keras serta komitmennya dalam mencapai kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat. Kota Bitung sendiri telah mencapai 95 persen dari total penduduk yang tercover BPJS Kesehatan atau JKN KIS.

Rudy Theno saat menerima penghargaan UHC Award 2023

Kota Bitung sendiri diberikan langsung Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin kepada Sekretaris Daerah Kota Bitung, Rudy Theno yang saat itu ikut disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin bersama dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju dan kementerian Lembaga, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03/2023).

Direktur BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan, JKN KIS adalah program jaminan kesehatan terbesar di dunia. Dimana  334 kabupaten/kota di Indonesia telah menerapkan UHC di setiap daerahnya.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah konsisten dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan, Muhadjir Effendi mengatakan, UHC adalah salah satu target yang dicanangkan oleh WHO. Dimana, harapannya untuk mencapai akses layanan kesehatan, membiayai layanan kesehatan, keadilan bagi masyarakat untuk mendapatkan kesetaraan layanan kesehatan.

“Program JKN adalah upaya dalam mendukung pemerintah menuntaskan masalah kemiskinan dan stunting,” tegasnya.

Kesempatan itu juga, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah supaya mendaftarkan para penyandang disabilitas, lansia, dan masyarakat terlantar untuk didaftarkan di JKN.

“Saya berharap Pemda turut mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui penyediaan fasilitas kesehatan. Agar masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan.  Harus bersinergi antara BPJS Kesehatan, Kementerian/Lembaga bersama seluruh Pemda untuk memastikan seluruh masyarakat dilindungi jaminan kesehatannya,” pintanya.

Sekretaris Daerah Kota Bitung, Rudy Theno usai menerima penghargaan itu menuturkan, jika pihkanya telah manargetkan pada 2024 nanti seluruh masyarakat Kota Bitung bisa tercover BPJS Kesehatan.

“Target kita di 2024 sudah 100 persen yang tercover BPJS Kesehatan. Dan itu membutuhkan kerja kolaborasi semua pihak. Terutama kepada jajaran perangkat daerah, pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk bisa terus menyampaikan ini kepada warganya,” pintanya.

Penyerahan UHC Award ini diawali dengan pemberian ke-22 Provinsi se Indonesia. Satu diantaranya diberikan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur, Walikota/Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, Pitter Lumingkewas dan Kepala Unit BPJS Kesehatan Bitung, Frelly Mundung.

(ADVETORIAL)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply