Connect with us

Bolmut

Bupati Bolmut Hadiri Sidang Paripurna DPRD Terkait Propemperda dan Ranperda

Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh menghadiri sidang paripurna DPRD dalam rangka penetapan Program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) Kabupaten Bolmut tahun 2023 dan penetapan lima Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tahun 2022 bertempat di ruang sidang DPRD Bolmut, Selasa 31 Januari 2023.

Published

on

BOLMUT,PANTAU24.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh menghadiri sidang paripurna DPRD dalam rangka penetapan Program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) Kabupaten Bolmut tahun 2023 dan penetapan lima Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tahun 2022 bertempat di ruang sidang DPRD Bolmut, Selasa 31 Januari 2023.

Diketahui dalam penyusunan rancangan peraturan daerah, SKPD pemrakarsa membentuk tim penyusun rancangan peraturan daerah yang berasal dari bagian hukum dan SKPD terkait.

Baca Pula:  Bupati Bolmut Sembuh Dari Covid-19

Tujuan dari perda sendiri sebagai sarana penampung kondisi khusus di daerah.

Fungsi perda yang tidak hanya sebagai penjabaran lebih lanjut dari peraturan perundang-undangan nasional, akan tetapi juga sebagai sarana hukum dalam memperhatikan ciri khas masing-masing daerah.

Keterbukaan dalam proses pembentukan peraturan perundang-undangan mulai dari perencanaan, persiapan, penyusunan dan pembahasan bersifat transparan dan terbuka.

Fakta menarik dan bermanfaat

Sementara itu  paripurna  ini merupakan forum yang baik bagi jajaran pemerintah daerah.

Baca Pula:  Pemkab Bolmut Peringati Nuzulul Quran 1444 H

“Anggota DPRD dan kita semua, untuk bersama melakukan pembahasan sampai dengan menetapkan produk hukum yang menjadi skala prioritas daerah, sesuai dengan perkembangan kebutuhan hukum masyarakat saat ini dan juga akan menjadi rujukan untuk menjaga agar perda tetap berada dalam kesatuan hukum nasional,” ujarnya.

Sehingga segala pengambilan kebijakan di daerah memiliki payung hukum yang jelas, seimbang dan mencerminkan kepentingan masyarakat, daerah, bangsa dan negara.